Germas Dibuka dengan Makan Buah

34
kali tampilan.

LOMBOKita – Pelaksana tugas Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri membuka secara resmi acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan di aula SMKN 1 Praya, Selasa (8/5/2018).

Acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kerjasama antara pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta dan Kementerian Kesehatan Ri itu dibuka dengan makan buah secara bersama.

Plt Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dalam sambutannya menjelaskan, kesehatan menjadi salah satu prioritas pembangunan di daerah. Menurutnya, kesehatan sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, yang pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan lainnya.

Lalu Pathul Bahri memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat itu.

“Semoga sosialisasi dan gerakan ini semakin menyadarkan masyarakat pentingnya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” harap Lalu Pathul Bahri.

Pada kesempatan itu juga, Lalu Pathul Bahri menekankan agar seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada di daerah ini untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, katanya, selain memberikan kenyamanan juga bisa mempengaruhi kesehatan sehari-hari.

“Pentingnya menjaga kebersihan itu, sampai-sampai Rasulullah Saw menempatkan kebersihan merupakan bagian dari keimanan seorang muslim,” kata Lalu Pathul Bahri.

Kalau badan sehat, kata Pathul Bahri, maka seluruh kegiatan dan aktivitas sehari-hari bisa dilaksanakan secara baik, dan Insya Allah hasilnya pun akan baik pula.

“Kalau tidak sehat, bagaimana kita mencari nafkah untuk biaya sekolah anak-anak kita. Kalau tidak sehat, bagaimana anak-anak kita bisa bersekolah, bagaimana bisa menerima pelajaran dengan baik. Karena itu, prioritas pertama yang harus kita jaga dalam kehidupan ini adalah bagaimana menjaga kesehatan. Bersyukurlah kita semua yang telah diberikan kesehatan,” jelas Lalu Pathul Bahri.

Faktor kesehatan, lanjut Lalu Pathul Bahri, merupakan salah satu skala prioritas dalam pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. Itulah sebabnya, pada masa pemerintahannya bersama HM Suhaili di daerah ini menyusun program pembangunan Rurung dan Reban (perbaikan jalan dan saluran irigasi) agar seluruh masyarakat bisa memanfaatkan sarana itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik dalam usaha perekonomian maupun tanam-tanaman di sawah dan ladang.

“Kalau kedua faktor ini berhasil yakni rurung dan reban, Insya Allah hasil pertanian pun akan melimpah dan bisa dinikmati oleh masyarakat,” katanya.

Lalu Pathul Bahri menyebutkan, sampai saat ini 90 persen jalan dan saluran irigasi yang ada di Lombok Tengah dalam kondisi sangat baik. hampir seluruh ruas jalan telah dihotmix, saluran irigasi juga telah diperbaiki.

Karena itu, Plt Bupati meminta kepada seluruh masyarkat yang ada di daerah ini, terkait acara sosialisasi Germas yang dilaksanakan itu agar bisa diikuti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bila perlu sosialisasi ini dilanjutkan ke masyarakat di pedesaan secara langsung.

”Karena kami tahu pemerintah punya keterbatasan, maka itu pentinganya kader posyandu untuk menyampaikan ini ke kampung-kampung,” ujarnya.

Keberadaan kader Posyandu, jelas Bupati, pemerintah daerah telah memberikan intensif bagi seluruh kader yang ada yang tersebar hingga ke tingkat dusun. Dan peran kader sangat potensial dan strategis untuk ikut mensosialisasikan program Germas ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.