Global Hub, Sungdong dan NTB Gemilang

Ditulis oleh : Lalu Gita Ariadi

85
kali tampilan.

Son Diamar nama yang sangat lekat dengan rencana Pembangunan Global Hub. Inisiatifnya, ingin memanfaatkan posisi strategis Pulau Lombok yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, sekaligus kehadiran Global Hub sebagai jawaban dari NTB atas obsesi Presiden RI menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Son Diamar dengan PT Diamar Mitra Kayangan (PT DMK), tak kenal lelah terus ikhtiar merancang Global Hub Lombok yang awalnya tidak memiliki cantolan hukum yang kuat. Namun alhamdulillah berkat perjuangan dan kegigihan dalam meyakinkan pemerintah, berdasarkan PP 13 tahun 2017 Global Hub Bandar Kayangan di tetapkan sebagai Kawasan Andalan Nasional.

Perjuangan tidaklah mulus. Perjuangan harus dimulai dari 0 km, menyiapkan payung hukum, kelembagaan, strategi pengelolaan yg menerapkan konsep P4 ( Public, Private, People Partnership ), sosialisasi kepada masyarakat, mencari investor dan lain sebagainya.

Loading...

Di tengah perjalanan dengan masalah yang kompleks, gempa hebat terjadi dengan episentrum tepat di jantungnya hamparan Global Hub. Sejenak terasa getir. Namun tamatkah cerita tentang Global Hub? Menyerahkah Son Diamar? Asa apa lagi yang tersisa di bandar kayangan sana?

Galangan Kapal
Gempa bumi tanggal 29 Juli 2018 dan ribuan kali gempa susulan lainnya menjadi berita buruk bagi promosi investasi di global Hub. 3 investor potensial dari Rusia, Prancis dan nasional hengkang.

Awalnya, Investor Rusia bekerjasama dengan investor Tiongkok, tertarik membangun kilang minyak berkapasitas 50.000 barrel per hari, membangun international seaport untuk ukuran extra large serta membangun pembangkit listrik yang tahap awal berkapasitas 2 x 50 megawatt (100 MW). Investor Prancis (PMA) juga tertarik membangun pelabuhan internasional. Sedangkan investor nasional (PMDN) tertarik mengembangkan The New City dengan lahan seluas 1.500 hektar.

Adakah hengkangnya calon investor tersebut karena belum familier dengan gempa dan belum mengkalkulasi resiko investasi di area Ring of Fire sehingga begitu gempa melanda serta merta balik kanan mundur teratur dari Bandar Kayangan atau mungkin ada faktor lain?

Yang pasti dan tetap harus diyakini bahwa musibah gempa bumi adalah cara Allah SWT mengingatkan ummatNya, mengandung pesan suci, fundamental dan universal. Dibalik musibah pasti terkandung hikmah. Bagaimana kesinambungan pembangunan Global Hub selanjutnya? There’s a will there’s a way, kata Gubernur NTB – Dr. Zulkieflimansyah di berbagai kesempatan untuk memotivasi agar semua pihak tidak patah semangat, tetap tangguh dan mantap serta terus melakukan ikhtiar terbaik secara cerdas menuju NTB Gemilang.

Dalam sebuah pertemuan antara Gubernur NTB dengan Investor dan jajaran PT DMK di Lobby Hotel Arya Duta dan tempat2 lainnya Gubernur NTB sangat tertarik dengan konsep investasi Sungdong Industry Holdings ini dan meminta segera para pihak menandatangi LoI/MoU sebagai payung besar komitmen bersama yang harus segera di tindak lanjuti secara tehnis dengan mempedomani PP 28 tahun 2018*tentang Kerja Sama Daerah termasuk dengan Pihak Ketiga di Luar Negeri (KPKLN).

Arya Duta Informal Meeting akhirnya bermuara menjadi penanda tanganan MoU oleh para pihak di Yongdaeri Korean BBQ Resto, Minggu 4 Agustus 2019.

Dalam formulasi MoU tertuang bahwa Sungdong Industry Holdings yang sedang berusaha untuk merelokasi investasi keluar Korea, bersedia melakukan imvestasi sebesar *1 miliar USD* atau kurang lebih *Rp. 14 Triliun* untuk membangun kawasan industri dengan segala kelengkapan yang di perlukan diatas tanah seluas 1.000 Ha. Sungdong yang bekerjasama dengan mitranya di Tiongkok juga siap melakukan transfer tehnologi diawali dengan mengirim 300 orang tenaga kerja NTB mengikuti pendidikan dan pelatihan sambil magang di perusahaan Sundong di korea selatan selama beberapa tahun. Pihak PT Diamar Mitra Kayangan tentu bertugas untuk penyiapan lahan dan aspek sosial ekonomi lainnya dengan dukungan pemerintah, pemerintah propinsi dan Pemda Kabupaten Lombok Utara agar *mega proyek* ini terwujud di teritorial gumi *Tioq Tataq Tunaq* itu.

Menelisik core business Sundong Industry Holdings sebagai perusahaan galangan kapal – shipyard builder tentu Global Hub Bandar Kayangan kedepan akan menjadi tempat yang baik untuk maintenance dockyard bahkan pembuatan kapal. Secara nasional saat ini terdapat ratusan galangan kapal yg sebagian besar berlokasi di sekitar Batam yang menjadi lokasi favorit karena kedekatan geografis dengan Singapura atau Selat Malaka yang jadi pusat lalu lintas laut perdagangan internasional. Bila Selat Malaka ini nantinya overload dengan lalu lintas kapal barang bertonase dan berukuran besar, maka keberadaan galangan kapal di Global Hub Bandar Kayangan akan menjadi sangat strategis, produktif dan prospektif.

Bila kelak Galangan kapal ini berkembang dengan baik maka sedari awal harus diletakkan pondasi kebijakan pembangunan daerah yang harus memperhatikan secara ketat aspek lingkungan sekitar mengingat keberadaan galangan ini berdekatan dengan destinasi *wisata tirta* berkelas dunia seperti keberadaan Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Dalam kajian amdal harus dipastikan betul bahwa dengan kehadiran galangan kapal, polutannya tdk mencemari perairan disekitarnya. Sedari awal harus menggunakan green technologi tingkat tinggi, green ekonomi, green energy, green tourism yang menjamin konsep pembangunan yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi NTB Gemilang yang keempat yaitu *NTB yang Asri dan Lestari*.

Bila ini mampu diwujudkan dalam merancang pembangunan Global Hub Bandar Kayangan, maka sesenggak *aik meneng, tunjung tilah, empak bau* akan terwujud. Yaitu, terciptanya harmoni kehidupan sosial masyarak yang kian membaik sesuai misi NTB Gemilang yang kelima yaitu *NTB sejahtera dan mandiri*, tanpa menimbukkan kerusakan alam, sosial dan adat budaya. Hadirnya investasi seperti ini jelas akan mampu menghantarkan tercapainya misi keenam NTB Gemilang yaitu *NTB yang Aman dan Berkah*. Aamiin yaa Robbal alaamiin. Wassalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.