Gubernur: Lapang Dada Adalah Kunci Untuk Membangun Bangsa

TGH Muhammad Zainul Majdi
Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi mengharapkan kepada seluruh generasi penerus bangsa agar tetap menanamkan dan terus mengembangkan sikap lapang dada dalam mewarnai keanekaragaman suku dan bahasa di Indonesia.

Hal itu dilihatnya sebagai salah satu cara yang harus ditanamkan generasi penerus bangsa dalam membangun keutuhan NKRI.

“Dengan mengembangkan sikap lapang dada, kelebihan dan kekurangan, bisa saling terima dan saling mengisi. Mungkin kedengarannya klise, tapi itulah kunci kita untuk membangun bangsa,” kata pria yang akrab di sapa TGB (Tuan Guru Bajang) ini di Mataram, Kamis.

Namun alangkah indahnya, kata dia, keutuhan NKRI dapat terus terjaga dengan mengikutsertakan peran seluruh elemen masyarakat. Tentunya hal tersebut perlu didukung dengan menumbuhkan kesadaran dalam satu tali persaudaraan.

“Saya pikir, kalau ada kesadaran bersama untuk saling mengokohkan persaudaraan, saling mengisi, kita akan semakin kuat,” ujarnya.

Gubernur NTB mengungkapkan hal itu usai memberikan remisi Kemerdekaan RI 17 Agustus, secara simbolis kepada sejumlah narapidana yang mendekam di Lapas Kelas IIA Mataram.

Dalam kegiatannya, seluruh pejabat tinggi di lingkup Pemerintahan NTB turut hadir, mulai dari pejabat SKPD sampai pejabat aparat penegak hukum.

Dalam momentum perayaan Kemerdekaan RI tahun ini, Kementerian Hukum dan HAM RI memberikan remisi kepada 1.296 dari 2.738 narapidana yang tersebar di enam unit pelaksana teknis (UPT) rutan dan lapas di NTB.

16 narapidana di antaranya mendapat remisi bebas murni. ant

Komentar Anda