Gubernur NTB Ajak Warga Merawat NKRI

LOMBOKita – Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH Muhammad Zainul Majdi mengajak masyarakat di provinsi itu selalu mensyukuri karunia kemerdekaan dalam bentuk sikap dan perilaku yang senantiasa berkomitmen untuk berjuang bersama merawat NKRI dan mengisinya dengan berbagai aktivitas pembangunan.

“Kemerdekaan yang kita nikmati hari ini, merupakan karunia Allah subhanahu wata’ala, sebagai hasil ikhtiar dari perjuangan panjang seluruh bangsa Indonesia, yang rela berkorban tanpa batas, demi mewujudkan cita-cita luhur kemerdekaan dan tegaknya martabat kemanusiaan di muka bumi ini,” kata Gubernur NTB saat upacara HUT ke-72 RI di halaman Kantor Gubernur NTB di Mataram, Kamis.

Gubernur menuturkan pada usia 72 tahun kemerdekaan RI ini, bangsa Indonesia dihadapkan pada situasi dan tantangan yang sangat jauh berbeda, yakni persaingan global yang semakin kompetitif, baik di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan yang berkaitan pula dengan ideologi dan cara pandang suatu bangsa.

“Kata kunci untuk memenangkan persaingan itu adalah bertumpu pada daya saing bangsa kita,” ujarnya.

Daya saing yang dimaksud, menurut gubernur, yakni kondisi yang mengharuskan masyarakat memiliki kemampuan lebih pada aspek integritas dan kualitas SDM, profesionalitas di segala sektor, memperkuat kualitas keperibadian Indonesia, berakhlak mulia, jujur, disiplin dan memiliki semangat optimisme dalam mewujudkan Indonesia yang maju, berkeadilan dan sejahtera.

“Dalam hal ini, nilai-nilai proklamasi dan 4 pilar kebangsaan Indonesia, yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, perlu dijaga,” katanya.

Menurut Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Gubernur NTB, warga NTB sebagai bagian penting dari proses mewujudkan cita-cita mulia tersebut, tiada pilihan lain yang harus dikembangkan bersama, mengoptimalkan diri dalam berbagai aktivitas pembangunan, menciptakan berbagai inovasi, percepatan dan nilai tambah dalam pengelolaan berbagai potensi yang tersedia.

“Alhamdulillah, selama 72 tahun kita telah mengisi daerah ini dengan berbagai aktivitas pembangunan. Dan di setiap periodesasi kepemimpinan putra-putra terbaik bangsa sebagai kepala pemerintahan di daerah ini, masing-masing telah mempersembahkan prestasi dan karya nyata untuk kemajuan NTB yang lebih baik,” kata gubernur. ant

Komentar Anda