Gubernur NTB Memperoleh Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Bachruddin.

LOMBOKita – Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi mendapat penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya, kata Kepala Biro Humas Setda NTB Irnadi Kusuma di Mataram, Rabu.

Gubernur NTB atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) dianugerahi penghargaan tersebut karena dinilai memiliki kepedulian terhadap pengembangan perpustakaan dan kegemaran membaca.

“Juga, tidak terlepas dari peran dan upaya perpustakaan daerah dan provinsi yang memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan minat membaca masyarakat NTB,” katanya.

Penghargaan tertinggi tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal Perpustakaan Nasional RI Dedi Djunaedi kepada Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Bachruddin, yang mewakili Gubernur pada malam puncak Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2017 di Balai Sarbini, Jakarta, Selasa.

Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Bachruddin mengatakan, meskipun penghargaan ini ditujukan kepada kepala daerah, tetapi melekat juga seluruh organisasi perangkat daerah yang ada di Provinsi NTB.

“Pada akhirnya penghargaan ini akan membawa efek pada perbaikan perpustakaan dan peningkatan minat baca di Provinsi NTB,” ujarnya.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh Syarif Bando mengatakan betapa pentingnya buku dan gemar membaca dalam menjalani kehidupan. Ia berharap dengan adanya penghargaan seperti ini, akan semakin meningkatkan dan membangun minat membaca bagi masyarakat Indonesia.

“Kita harus buktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang hebat dan bangsa yang besar adalah bangsa yang masyarakatnya melek literasi,” katanya.

Selain itu, penghargaan tertinggi di bidang perpustakaan ini dilakukan dalam rangka penyebaran informasi yang lebih luas atas keberadaan dan arti penting perpustakaan bagi masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut, Perpustakaan Nasional akan menggelar sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan peran dan fungsi perpustakaan dalam kehidupan masyarakat melalui serangkaian testimoni tentang peran dan fungsi perpustakaan di Indonesia.

Adapun Kategori yang diberikan pada Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka adalah Kategori Pemilihan Buku (Pustaka) Terbaik 2017 (tema Kesehatan), Kategori Pelestari Naskah Kuno Terbaik dan Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional.

Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional, Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional, Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional serta Kategori Tokoh Masyarakat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan & Pembudayaan Gemar Membaca.

Kategori Birokrat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan & Pembudayaan Gemar Membaca, Kategori Mass Media dan Life Achievement.

Komentar Anda