Hentikan Diare Dengan Bahan Alami

Sakit Diare/Ilustrasi

LOMBOKita – Ketika mengalami diare, lumayan menyiksa ketika harus bolak-balik ke kamar mandi. Penyebab diare bisa bermacam-macam, karena makan makanan yang nggak bersih, alergi, atau bisa juga karena infeksi bakteri dan virus.

Tidak harus selalu obat kimia untuk mengobati diare. Ternyata obat alami di sekitar kita merupakan obat yang ampuh. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu agar diare tidak menjadi-jadi.

1. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang terkenal bisa mengatasi masalah saluran pencernaan. Jahe bisa menghentikan kejang perut dan gas yang muncul karena bakteri yang bikin feses berair.

Campur 2 sendok makan parutan jahe ke dalam air panas atau ke dalam teh atau air madu. Batasi mengonsumsi jahe, sebaiknya nggak lebih dari 4 g per hari, Sob, karena bisa mengganggu aktivitas buang air besar.

2. Madu

Madu memang dikenal jadi obat berbagai penyakit, termasuk menghentikan diare, Sob.

Campur 4 sendok makan madu ke dalam air panas. Minum 2 kali sehari saat sedang terserang diare.

3. Teh Hitam

Saat mulai merasakan diare, langsung cari teh hitam, Sob. Manfaat teh hitam untuk menghentikan diare bisa kita dapatkan kalau kita minum teh hitam sejak awal diare. Kalau sudah telanjur diare berkepanjangan, agak susah untuk dihentikan dengan minum teh hitam. Zat tannin pada teh hitam bisa menurunkan aktivitas saluran pencernaan sehingga diare bisa berkurang. Minum 2 gelas teh hitam per hari ketika mulai terserang diare.

4. Nasi Putih

Sebagian besar lembaga kesehatan menganjurkan untuk makan nasi putih tanpa tambahan apapun saat terserang diare. Karena sifat nasi putih yang bisa mengikat di dalam saluran pencernaan, sehingga feses bisa lebih keras dan tidak terlalu cair lagi. Nasi putih juga tidak menyebabkan iritasi pada usus.

Makan nasi putih dalan jumlah sedikit dan jangan lupa minum air putih.

5. Wortel

Wortel kaya akan zat pektin. Pektin adalah salah satu jenis serat larut yang bisa menyerap cairan dalam usus dan membantu memperlambat jalannya feses.

Rebus wortel dan hancurkan sampai berbentuk pure. Konsumsi wortel tersebut seperempat cup tiap setengah jam.

Saat terkena diare rajin-rajinlah untuk mencuci tangan dan membersihkan toilet dengan disinfektan setelah buang air besar, agar diare tidak menular ke orang lain. Hindari makanan berat, pedas, dan berlemak. Usahakan minum air putih yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.

Komentar Anda