Hitung Cepat, JODA Ungguli NADI di Pilkada KLU

265
kali tampilan.
Calon Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu (pegang mic) terlihat terharu mengetahui kemenangannya meski dari hasil hitung cepat

LOMBOKita – Pasangan Djohan Sjamsu-Danny Carter (JODA) berhasil mengungguli pasangan Najmul Akhyar-Suardi (NADI) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara tahun 2020 berdasarkan hitung cepat (quick qount).

Keunggulan pasangan JODA berdasarkan hasil hitung cepat yang dirilis Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Pasangan JODA unggul 11 persen jauh di atas NADI.

Direktur Presisi, Darwan Samudja menjelaskan, dari 200 data TPS yang masuk, JODA memperoleh 54,73 persen suara, sedangkan NADI memeroleh 43,58 persen. Hasil tersebut hampir sama dengan survei yang dirilis pada 3 Desember lalu.

“JODA menang 11 persen lebih,” kata Darwan Samudja ditemui wartawan, Rabu (9/12/2020).

Ditegaskan Darwan, hasil hitung cepat yang diinput Presisi tersebut tidak akan jauh berbeda dengan hasil real count KPU. Sebab menurutnya, LS Presisi menggunakan metode multistage random sampling atau sampel acak bertingkat dengan margin error 1 persen.

“Hal tersebut jelas reliable dan tidak mudah terkerjar. Data yang masuk nanti tidak mungkin terkejar karena kita juga menginput 98 persen,” jelasnya.

Disebutkannya, keunggulan JODA di 4 Kecamatan yakni Bayan, Kayangan, Gangga, dan Tanjung. Faktor kemenangannya, lantaran soliditas tim pemenangan dari kabupaten hingga ke TPS.

“Faktor soliditas tim itu menjadi faktor utama yang paling menentukan kemenangan JODA,” kata Darwan.

Di tempat yang sama, H. Djohan Sjamsu mengatakan, kemenangan JODA adalah kemenangan rakyat, bukanlah pasangan calon. Kemenangan tersebut, kata dia, merupakan hasil kerja keras semua pihak yang ikut andil dari awal perjuangan.

Meski demikian, Djohan mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan menyambut kemenangan tersebut.

“Yang menang ini bukan saya, tetapi adalah rakyat yang menginginkan adanya perubahan di daerah kita ini,” ucap mantan Bupati Lombok Utara tahun 2015 itu.

Djohan bertekad mengaku akan menjalankan amanah rakyat dengan baik, dan akan melaksanakan visi dan misi seoptimal mungkin.

Sementara itu, Calon Bupati, H. Najmul Akhyar berharap agar apapun keputusan hasil Pemilukada ini akan disikapi rakyat dengan positif.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat KLU, setelah pemilihan ini nanti bisa menyikapi hasil Pemilukada ini dengan baik dan aman dengan menjaga keutuhan,” kata Najmul.

- Adv -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.