Idul Adha Religious Night Festival Meriahkan Malam Lebaran di Mataram

143
kali tampilan.

LOMBOKita – Ribuan warga Kota Mataram di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, memeriahkan malam takbiran untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, Sabtu malam.

Sejumlah acara digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Pariwisata untuk memeriahkan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban tersebut.

Salah satunya, acara bertajuk Idul Adha Religious Night Festival yang dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Kota Mataram.

Ditampilkan pula Tari Saman dari Aceh, pawai takbiran menggunakan kendaraan hias dan berjalan kaki serta ceramah agama oleh ustadz Bobbi Hariwibowo untuk mengisi malam takbiran itu.

“Saya sampaikan penghargaan dan mudah mudahan malam ini, kita dapat melewati berbagai prosesi Idul Adha kemudian besok pagi mengikuti salat Idul Adha dan menyembelih kurban di tempat masing masing,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Rosiadi H Sayuti.

Sekda berharap para peserta pawai takbiran dapat melaksanakan kegiatan dengan tertib, aman dan lancar.

“Selama mengikuti festival akan mendapatkan hadiah dari panitia,” ujarnya di hadapan warga Kota Mataram yang menyaksikan malam takbiran tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan kegiatan Idul Adha Religious Night Festival ini dalam rangkaian bulan pesona Lombok Sumbawa.

“Ini agenda ke-16 dari 28 festival Lombok Sumbawa,” ucapnya.

Takbir keliling dilakukan di Kota Mataram dan berakhir di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Ribuan warga pun antusias menyaksikan sejumlah kegiatan yang dipusatkan di masjid terbesar di NTB itu.