Indonesia Taklukkan Timor Leste 1-0

LOMBOKita – Tim nasional U-22 Indonesia berhasil menaklukkan Timor Leste dengan skor 1-0 pada pertandingan ketiga Grup B sepak bola putra SEA Games ke-29 tahun 2017 di Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, Malaysia, Minggu.

Dipantau dari laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Minggu, gol semata wayang anak-anak asuh pelatih Luis Milla di babak pertama tersebut tercipta melalui sundulan penyerang Marinus Mariyanto di menit ke-21 hasil umpan Septian David Maulana.

Bagi Septian David, itu adalah assist keduanya di SEA Games 2017 setelah sebelumnya juga melakukan hal serupa untuk gol Muhammad Hargianto kala menaklukkan Filipina 3-0 di laga kedua, Kamis (17/8). Total di SEA Games 2017, Septian sudah menorehkan dua gol dan dua assist.

Pada laga kontra Timor Leste, Luis Milla sendiri kembali melakukan rotasi di skuatnya dan menurunkan Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Hanif Sjahbandi, Gavin Kwan dan Marinus Mariyanto, yang dicadangkan kala berhadapan dengan Filipina, sejak menit pertama.

Hasilnya, Garuda Muda mendominasi laga sejak menit pertama dan pada menit ke-19 Osvaldo Haay sempat menggebrak melalui sundulannya yang masih melayang di atas gawang Timor Leste.

Dua menit setelah peluang tersebut, tepatnya menit ke-21, Marinus Mariyanto berhasil mengubah umpang silang Septian David dari sisi serang kanan Indonesia menjadi gol dengan sundulannya.

Setelah itu, Indonesia belum mengendurkan serangannya. Menit ke-31, Marinus sempat memiliki kesempatan mencetak gol setelah bekerja sama dengan Osvaldo Haay. Akan tetapi, tendangannya dari sisi kanan pertahanan Timor Leste masih melambung di atas gawang. Skor 1-0 pun bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak kedua, Indonesia masih tampil menekan sejak awal. Beberapa peluang berbahaya sempat diciptakan Indonesia melalui Marinus, Osvaldo maupun Saddil Ramdani, yang masuk di babak kedua menggantikan Febri Hariyadi.

Kesempatan terbaik terjadi ketika di menit ke-82 bola hasil tendangan keras Saddil hanya menghantam tiang gawang. Tidak ada gol tambahan di akhir babak kedua dan skor 1-0 bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan dari Timor Leste membuat Indonesia untuk sementara berada di puncak klasemen Grup B dengan nilai tujuh hasil satu seri dan dua kemenangan di tiga laga. Namun, keadaan itu bisa saja berubah karena dua pertandingan lain di Grup B, yaitu Thailand versus Kamboja dan Filipina kontra Vietnam baru akan digelar pada Minggu (20/8), pukul 19.45 WIB.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi laga penting melawan tim kuat Vienam pada Selasa (22/8) di Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, Malaysia, mulai pukul 19.45 WIB. ant

Komentar Anda