LOMBOKita – Nyamuk adalah hewan kecil yang senang mengisap darah. Setelah digigit nyamuk, kulit kita pasti akan terasa gatal. Kira-kira kenapa, ya?

Air Liur Nyamuk

Sebenarnya nyamuk tidak menggigit kulit kita. Nyamuk hinggap di bagian tubuh kita dan memasukkan mulutnya yang berbentuk seperti jarum ke kulit kita.

Setelah itu, nyamuk mengisap darah kita. Tidak hanya itu, ternyata nyamuk juga mengeluarkan air liurnya ke tubuh kita. Wah, bisakah teman-teman bayangkan? Nyamuk yang mengisap darah kita juga hanya nyamuk betina saja, lo.

Zat Histamin dalam Tubuh

Air liur nyamuk yang masuk ke dalam tubuh kita itu merupakan cairan asing. Sistem kekebalan tubuh kita menganggap, bahwa air liur nyamuk berbahaya bagi tubuh.

Loading...

Maka itu, sistem kekebalan tubuh bereaksi dan melawan cairan asing itu dengan mengeluarkan zat yang disebut histamin. Nah, histamin inilah yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi terasa gatal.

Selain itu, histamin juga membuat pembuluh darah di sekitar tempat gigitan nyamuk itu menjadi besar, sehingga terjadilah bentol atau bintik merah pada kulit.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, kenapa gatal setelah digigit nyamuk?

(Cirana Merisa)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.