iPhone 11 vs iPhone 11 Pro, Kamu Pilih yang Mana?

95
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Di tanggal 20 September 2019 lalu, Apple secara resmi meluncurkan perangkat iPhone seri iPhone 11. Peluncuran seri iPhone terbaru ini tentunya disambut antusias oleh penggemar iPhone di seluruh dunia.

Pasalnya, seri iPhone 11 ini merupakan generasi penerus dari iPhone XR yang berhasil menjadi perangkat iPhone yang paling laris manis di tahun 2018. Selain iPhone 11, iPhone 11 Pro juga menjadi sorotan.

Walaupun dirilis secara bersamaan, kedua perangkat tersebut dijual dengan harga yang berbeda. iPhone 11 dijual dengan harga 12 juta hingga 14 jutaan. Sedangkan, iPhone 11 Pro ditawarkan dengan harga 15 juta hingga 19 juta.

Berikut adalah ulasan keunggulan dari kedua perangkat tersebut. Sehingga, Anda dapat memutuskan seri iPhone 11 manakah yang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi iPhone 11
Berminat untuk memiliki iPhone 11? Berikut adalah ulasan tentang spesifikasi yang diusung oleh perangkat smartphone tersebut:

Loading...

1. Desain Body
iPhone 11 memiliki tampilan body yang sangat elegan. Perangkat smartphone ini memiliki ukuran 150.9 x 75.7 yang nyaman untuk digenggam. Selain itu, iPhone ini juga memiliki ketebalan 8.3 mm dengan berat 194 gram yang menghasilkan tampilan langsing dan mudah dimasukkan ke dalam saku baju. Pilihan warna yang ditawarkan perangkat smartphone ini juga sangat beragam. iPhone 11 hadir dengan 6 variasi warna yang cocok untuk semua generasi, yaitu: warna Black, Green, Yellow, Purple, Red, dan White. Tampilan iPhone 11 ini memiliki body depan dan belakang yang terbuat dari material kaca. Apple melapisi body kaca tersebut dengan lapisan Corning Gorilla Glass yang melindungi perangkat iPhone dari goresan saat tak sengaja terjatuh.

2. Tampilan Layar
Dari segi layar, iPhone 11 memiliki spesifikasi yang mumpuni. Perangkat smartphone tersebut dibekali dengan layar IPS LCD tipe Liquid Retina seluas 6.1 inch. Anda jadi memperoleh kemudahan dalam mengakses berbagai macam aplikasi dan fitur-fitur yang terdapat di dalam perangkat smartphone. Terlebih lagi, iPhone 11 mengusung resolusi layar sebesar 828 x 1792 pixel yang menghasilkan kualitas gambar yang terbaik. Layar iPhone 11 ini juga memiliki ketahanan terhadap goresan yang luar biasa. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir layar menjadi tergores akibat bersentuhan dengan kuku atau saat tak sengaja terjatuh dari meja.

3. Dapur Pacu
Tak hanya unggul dalam tampilan layar, iPhone 11 juga akan memanjakan Anda lewat performanya yang maksimal. Apple menanamkan chipset A13 Bionic pada perangkat smartphone ini. Chipset yang memiliki 6 buah core ini menjamin Anda dalam menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar. Aktivitas multitasking maupun bermain game akan terasa semakin mudah dengan menggunakan perangkat smartphone ini. Dari segi kecepatan performa pun, iPhone 11 sudah menunjukkan keunggulannya. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Antutu, iPhone 11 mencetak skor sebesar 419453. Hal ini menandakan bahwa perangkat smartphone ini mampu memproses berbagai aplikasi dengan tuntutan grafis berat dengan sangat mudah. Selain itu, iPhone 11 juga dipersenjatai dengan OS iOS 13 yang bisa diupgrade ke iOS 14.2. Dukungan kapasitas RAM sebesar 4 GB juga menjamin kenyamanan Anda dalam bermultitasking. Dari sektor penyimpanan, iPhone 11 ini memiliki variasi memori internal sebesar 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

4. Kamera
Spesifikasi dari iPhone 11 yang juga disorot adalah adanya fitur kamera. iPhone 11 mengusung kamera utama beresolusi 12 MP yang tersematkan di bagian belakangnya. Selain itu, kamera utama tersebut juga didukung dengan lensa ultra-wide dengan resolusi yang sama. Sehingga, Anda dapat memperoleh hasil foto yang mengagumkan. Tak hanya dari sektor kamera belakang saja, iPhone 11 juga akan memanjakan penggemar swafoto dengan kamera depannya.

Anda dapat memperoleh hasil foto yang maksimal berkat dukungan kamera selfie beresolusi 12 MP. Selain itu, pada lensa kamera tersebut juga tertanam sensor biometrik dan kedalaman tipe SL 3D. Alhasil, Anda dapat memperoleh foto berkualitas HDR yang memukau. Bagi Anda yang suka membuat video TikTok, juga akan memperoleh hasil rekaman yang memuaskan dengan kamera selfie ini. Pasalnya, lensa kamera tersebut mampu menghasilkan video dengan output 4K.

5. Baterai
Dari segi dukungan baterai, iPhone 11 ini cukup tangguh. Walaupun hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 3110 mAh, perangkat smartphone ini mampu bertahan hingga 94 jam. Selain itu, seri iPhone ini juga memiliki fitur pengisian daya cepat dengan daya output mencapai 18W. Apple mengklaim, dengan daya output sebesar itu, iPhone ini mampu mengisi daya sebesar 50% dalam jangka waktu 30 menit. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi Qi wireless charging yang lebih praktis. Dengan menggunakan teknologi tersebut, Anda tidak perlu bingung dalam mengisi daya walaupun tanpa kabel.

Spesifikasi iPhone 11 Pro
Dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan iPhone 11, seri Pro ini memang memiliki spesifikasi unggul di beberapa aspek.

Berikut adalah ulasan keunggulan seri iPhone ini:
1. Tampilan Body
Dilihat dari tampilan fisik, iPhone 11 Pro memang lebih tipis dibandingkan iPhone 11. Smartphone ini hanya memiliki ketebalan 8.1 mm. Namun, bobot dari smartphone ini juga lebih berat dibandingkan dengan seri iPhone 11, yaitu 188 gram. Seri iPhone 11 ini juga mengusung desain casing kaca Gorilla Glass pada bagian depan dan belakang. Namun, iPhone ini disinyalir akan lebih kokoh dan awet karena menggunakan frame dari stainless steel. Untuk pilihan warna, iPhone 11 Pro hanya mengusung 4 varian warna matte saja. Variasi warna yang dapat Anda pilih untuk perangkat ini adalah Matte Space Gray, Matte Gold, Matte Silver, dan Matte Midnight Green.

2. Tampilan Layar
Selain memiliki tampilan body yang elegan dan mewah, iPhone 11 Pro juga mengusung spesifikasi layar yang patut diacungi jempol. Perangkat iPhone ini mengusung layar tipe Super Retina XDR OLED seluas 5.8 inch. Tak hanya itu, resolusi yang ditawarkan oleh layar iPhone ini juga sangat mengagumkan. Dengan resolusi sebesar 1125 x 2346 yang diperkuat dengan fitur Dolby Vision, Wide color gamut, dan True-Tone, Anda akan dimanjakan dengan kualitas warna grafis yang tajam dan hidup. Aktivitas streaming film maupun bermain game pun terasa semakin menyenangkan.

3. Dapur Pacu
Menilik bagian dapur pacu, iPhone 11 Pro tidak memiliki perbedaan dibandingkan versi iPhone 11. Seri iPhone Pro ini tetap mengusung iOS 13 sebagai OS-nya. Jika Anda mau, Anda dapat melakukan upgrade ke iOS 14.2 untuk menikmati beragam fitur iPhone yang terbaru. Jenis chipset yang digunakan iPhone 11 Pro pun juga menggunakan Apple A13 Bionic dengan Hexa-core. Tidak hanya dapat mendukung aktivitas bermain game dengan lancar, Anda juga bisa melakukan multitasking tanpa perlu khawatir membebani mesin smartphone. iPhone juga menggunakan Apple GPU untuk kartu grafis, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi game yang berkapasitas berat.

Dari segi kecepatan performa, iPhone 11 Pro ini sudah melalui pengujian dari Antutu. Hasil uji performa tersebut menunjukkan bahwa iPhone 11 mencetak skor sebesar 460784, yang lebih tinggi dibandingkan performa iPhone 11. Bahkan, iPhone 11 Pro ini juga memiliki kecepatan pemrosesan data yang lebih cepat dibandingkan seri iPhone 11 Pro Max. untuk seri iPhone 11 Pro Max menduduki benchmark score sebesar 459713. Ini menandakan bahwa Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi mobile games maupun aplikasi video editing dengan mudah menggunakan perangkat iPhone 11 Pro.

Sama seperti iPhone 11 , versi iPhone 11 Pro ini juga memiliki kapasitas RAM seluas 4 GB. Namun, perbedaan yang cukup mencolok bisa terlihat dari sektor penyimpanan internal yang lebih lapang. iPhone 11 Pro memiliki variasi memori internal seluas 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Anda dapat memilih manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Karena sudah memiliki kapasitas memori internal yang lapang, iPhone ini tidak dibekali dengan slot untuk microSD.

4. Kamera
Tidak hanya memiliki variasi memori internal yang lebih melegakan, iPhone 11 Pro juga menang banyak di sektor kamera. Perangkat iPhone ini mengusung triple camera yang tersematkan pada bagian punggung. 3 lensa kamera tersebut terdiri dari kamera utama dengan resolusi 12 MP. Untuk lensa pembantu, iPhone ini memiliki lensa telephoto dan lensa ultra-wide yang masing-masing juga memiliki resolusi sebesar 12 MP. Kualitas foto yang ditawarkan perangkat ini sudah tentu jauh lebih baik. Anda dapat memperoleh hasil foto panorama dengan detail dan ketajaman warna yang maksimal. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh kualitas video berkualitas 4K yang berkesan.

Tentu saja, Apple tidak melupakan Anda yang gemar berswafoto. Perangkat iPhone 11 Pro ini memiliki satu kamera selfie beresolusi 12 MP. Lensa kamera tersebut juga dilengkapi dengan sensor biometrik dan kedalaman SL 3D. sehingga, jangan heran jika kualitas foto yang ditawarkan memiliki resolusi warna yang tajam dan memuaskan. Sama seperti lensa kamera belakang, Anda juga dapat merekam video dengan kamera depan untuk menghasilkan resolusi video 4K.

5. Baterai
Baterai yang dimiliki iPhone 11 Pro memang sedikit lebih kecil dibandingkan iPhone 11. iPhone 11 memiliki baterai dengan daya 3110 mAh. Sedangkan, iPhone 11 Pro mengusung baterai berkapasitas 3046 mAh. Untuk endurance rating, iPhone 11 Pro dapat bertahan hingga 86 jam. Walaupun lebih rendah dibandingkan iPhone 11, seri iPhone 11 Pro ini memang sedikit lebih unggul dibandingkan iPhone XS. Bagi Anda yang kurang puas dengan performa baterai dari iPhone XS, bisa jadi lebih terpuaskan dengan daya baterai yang dimiliki iPhone 11 Pro. Baterai iPhone 11 Pro ini mampu bertahan selama 17 jam untuk aktivitas menelepon dengan konektivitas 3G. Sedangkan, untuk keperluan browsing, daya tahan baterai iPhone ini mampu mencapai 13:15 jam. Anda dapat menikmati streaming film atau video di YouTube dengan daya tahan baterai yang mencapai 15 jam.

Fitur lainnya yang paling diunggulkan dari seri iPhone 11 Pro ini adalah fitur pengisian daya cepat. Untuk pembelian iPhone 11 Pro, Anda akan memperoleh charger bawaan dengan kabel USB Power Delivery 2.0. Kabel tersebut mampu menghantarkan daya output mencapai 18W. Sehingga, baterai smartphone Anda pun dapat terisi sebesar 50% dalam jangka waktu 30 menit saja. Ini artinya, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam saja untuk mencapai 100 persen. Selain itu, iPhone 11 Pro ini juga mengusung fitur Qi Wireless Charging.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan spesifikasi antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Manakah yang paling ideal untuk kebutuhan Anda?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.