ITDC Serahkan Hadiah Lomba Semangat Kreativitas Kemerdekaan

Lomba ini merupakan kolaborasi dengan BRI, WIKA-BRL, dan Bank Indonesia melalui Program Community Collaboration

57
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – PT ITDC selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, melakukan penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Semangat Kreativitas Kemerdekaan yang merupakan bagian dari program Community Collaboration bertempat di Bazaar Mandalika, The Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (03/11/2020).

Hadiah yang diserahkan berupa piala, piagam, plakat, merchandise dan kaus bertemakan 75 tahun Indonesia Merdeka.

Penyerahan hadiah dihadiri Operations Head The Mandalika I Made Pari Wijaya, Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Praya Fajar Baskoro, HSE Coordinator Ayu Dwijayanti Wijaya Karya – Bunga Raya Lestari (WIKA-BRL), Manager Komunikasi Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Mataram Suwarha Warno Wirapermana, dan para peserta lomba.

Community Collaboration adalah program yang dilaksanakan pengelola Kawasan The Mandalika untuk memberdayakan komunitas lokal yang berada di dalam dan sekitar Kawasan The Mandalika. Komunitas lokal tersebut adalah komunitas-komunitas yang bergerak pada bidang kesenian, kebudayaan, lingkungan, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Lomba Semangat Kreativitas Kemerdekaan merupakan rangkaian acara menyemarakkan Dirgahayu Indonesia ke 75 tahun dan juga menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun yang terbagi menjadi tiga mata lomba, yakni Lomba Kreasi Musik Video, Lomba Story Telling Budaya Sasak, dan Lomba Pembuatan Video Protokol masing-masing Desa.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel
Loading...

Lomba yang terlaksana berkat berkolaborasi dengan BRI, WIKA-BRL dan Bank Indonesia melalui program Community Collaboration ini, telah digelar selama bulan Agustus – September 2020 lalu serta diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari 6 Desa Penyangga The Mandalika yaitu Desa Kuta, Sengkol, Rembitan, Prabu, Sukadana, dan Mertak.

Operations Head The Mandalika, I Made Pari Wijaya menjelaskan, kegiatan Community Collaboration ini bertajuk ‘Semangat Kreativitas Kemerdekaan’ yang disesuaikan dengan arti Kemerdekaan, yakni kemerdekaan yang bukan hanya kata namun kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan berkarya tanpa batas.

Karya tersebut ditunjukkan dengan keikutsertaan mereka (para peserta) secara online, yang meskipun tidak bertatap muka namun tetap terlaksana dengan baik, dengan cara-cara yang kreatif melalui karya seni oleh pemuda – pemudi di Indonesia.

“Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk menunjukkan semangat dari komunitas lokal di masing-masing desa penyangga The Mandalika dalam memperlihatkan eksistensi mereka yang mengambil peran penting dalam Indonesia Maju dan Generasi Pemuda Indonesia,” jelas I Made Pari Wijaya.

Pari menambahkan, dalam mendorong kelancaran pelaksanaan perlombaan ini, ITDC telah menunjukkan kesungguhannya dengan merangkul berbagai pihak untuk berkolaborasi yang didukung oleh BRI, WIKA-BRL, dan BI bersama pemerintah desa, pemuda-pemudi, maupun komunitas lokal di Desa Penyangga The Mandalika. Hal ini juga menjadi salah satu perwujudan kehadiran ITDC dan BUMN lain untuk Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai organisasi Kementerian BUMN, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

“Oleh sebab itu, kegiatan ini memiliki tujuan yang besar yakni membangkitkan potensi seni dan budaya masyarakat Desa Penyangga The Mandalika,” katanya.

Tantowi sebagai salah satu pemenang lomba Story Telling Budaya Sasak menyampaikan antusiasmenya telah berpartisipasi pada kegiatan perlombaan yang diselenggarakan ITDC.

“Saya sangat senang dapat mengikuti Lomba Story Telling Budaya Sasak ini. Disamping sebagai generasi pemuda bisa melatih kemampuan kita dalam membuat karya yang kreatif, juga bisa tetap memperkenalkan budaya-budaya Sasak yang ada di Lombok kepada pemuda-pemudi di Indonesia dan kepada publik”, terang Tantowi.

ITDC berharap kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat Desa Penyangga untuk tetap aktif dalam memperdalam kapasitas kesenian dan kebudayaan di The Mandalika dan sekitarnya.

Made Pari berharap program Community Collaboration tersebut dapat menjaga semangat komunitas-komunitas lokal di The Mandalika dan sekitarnya untuk terus dapat menciptakan karya-karya yang indah tidak terhalang oleh adanya pandemi. Karena komunitas inilah yang akan menjadi bagian dari generasi penerus bangsa Indonesia dalam mewujudkan mimpi Indonesia Maju menjadi nyata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.