Jamaah Haji Jambi Dibekali Sambal Lingkung

LOMBOKita – Pemerintah Provinsi Jambi menyediakan sebanyak 6.000 paket sambal lingkung bagi para jamaah calon haji asal daerah itu sebagai bekal makanan tambahan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Setiap tahun ada partisipasi dari Pemprov Jambi dengan memberikan bekal untuk dibawa ke Arab Saudi, sambal lingkung yang terbuat dari ikan patin itu bisa untuk makanan tambahan dijadikan lauk pauk,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi Temawisman di Jambi, Minggu.

Sambal lingkung atau semacam abon yang terbuat dari bahan dasar ikan patin itu sudah dikemas khusus bagi jamaah calon haji dengan masa ketahanannya mencapai tiga bulan.

Dalam menyediakan sambal lingkung tersebut, pihaknya menggandeng sejumlah pelaku UKM yang bergerak dibidang pengolahan ikan dengan membeli produk hasil olahan yang kemudian diberikan untuk bekal jamaah calon haji asal Jambi.

“Hal tersebut juga sebagai kontribusi terhadap UKM yang bergerak pada pengembangan ikan patin yang menjadi produk perikanan unggulan Jambi,” kata Temawsiman.

Sambal lingkung Jambi yang berbahan dasar dari ikan patin itu menurut dia, memiliki rasa khas tersendiri, berbeda dengan sambal lingkung di daerah lain yang kebanyakan terbuat dari ikan tenggiri.

“Selain untuk jamaah calon haji, sambal lingkung itu juga diperuntukkan bagi petugas haji asal Jambi yang turut mendampingi selama di tanah suci,” katanya menambahkan.

Total jamaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 2.958 orang ditambah Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) sebanyak 19 orang dan petugas kloter 35 orang yang semuanya tergabung menjadi tujuh kloter. ant

Komentar Anda