Jangan Bangga Bisa Petik Edelweis, Apalagi Dibawa Pulang

Bunga Edelweis di Gunug Rinjani / foto; google

LOMBOKita – Menghabiskan masa liburan di Gunung Rinjani memang hal paling mengasyikkan bagi para petualang alam. Terlebih, panorama alam yang disuguhkan gunung yang ada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang menakjubkan.

Karenanya, bagi para pendaki yang telah sampai di puncak gunung Rinjani hendaknya tidak mengusik apalagi merusak flora yang tumbuh kawasan Gunung Rinjani. Apalagi sampai merusak tanaman tertentu yang keberadaannya sangat dilindungi.
 

Bunga Edelweis misalnya, para pendaki dilarang untuk mengusik apalagi memetik bunga yang kekerap disebut bunga keabadian ini. Karena keberadaannya sudah mulai langka.

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) selaku pengelola kawasan telah melarang masyarakat pendaki untuk memetik apalagi merusak bunga edelweis ini. Jadi, jangan merasa bangga bisa memetik bunga edelweiss, apalagi sampai dibawa pulang. Norak tau…

Posting FB memperlihatkan pendaki ‘norak’ yang memetik dan membawa edelweis dari Rinjani / foto: kicknews.today

 

Dikutif dari kicknews.today, seorang pendaki mendapat kecaman dari para netizen lantara memetik dan membawa pulang bunga edelweiss. Bahkan, pendaki tersebut sampai memposting keberhasilannya memetik edelweiss di media sosial.

Salah satu pegiat lingkungan, Rosyidin Sembahulun mengecam tindakan para pendaki norak tersebut.

“Mereka ini kampungan. Balai TNGR harus segera melakukan tindakan yang tegas tanpa pandang bulu kepada siapapun yang seperti kita lihat, bila perlu mereka diblacklist,” ujar pria yang juga stringer media lokal di NTB ini, Senin (3/7).

Para netizen yang kesal melihat tingkah pongah pendaki tersebut dan sebagai wujud keprihatinan, dalam postingannya juga menyisipkan tagar #SaveEdelweis dan #SaveRinjani.

Komentar Anda