Jokowi Pilih Ma’ruf Amin jadi Cawapres

83
kali tampilan.
Presiden Jokowi menuntun Ketua MUI Maruf Amin menuruni tangga. ©2018 Merdeka.com

LOMBOKita – Bakal calon presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa bakal calon wakil presidennya adalah Prof KH Maruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan keputusan sangat penting. Saya memutuskan dan dapat persetujuan dari partai koalisi kerja yang akan dampingi saya adalah Prof DR KH Maruf Amin,” ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (9/8).

Hadir dalam pengumuman itu para ketua umum partai partai politik pendukung (parpol) beserta sekjennya.

Jokowi menambahkan, keputusan maju kembali di periode kedua merupakan tanggung jawab besar untuk meneruskan cita-cita bangsa.

“Dengan mengucap Bismilah saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden Indonesia 2019-2024,” tuturnya.

Jokowi membeberkan alasan kenapa dirinya memilih Maruf Amin sebagai cawapres. Menurutnya, Maruf Amin adalah tokoh agama yang bijaksana.

“Beliau juga pernah duduk di legislatif, DPRD, DPR RI, MPR, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan ketua MUI,” kata Jokowi dalam jumpa pers, Restoran Pelataran, Menteng,Jakarta, Kamis (9/8).

Selain itu, dalam kaitannya dengan kebhinekaan, lanjut Jokowi, KH Maruf Amin saat ini menjabat Dewan Pengarah Ideologi Pancasila.

“Pada malam ini 9 parpol koalisi Indonesia Kerja semua telah tandatangan secara utuh,” katanya.

Rencananya, Jokowi dan KH Maruf Amin bakal mendaftar ke KPU, Jumat (9/8).