Juarai GP Jerman, Marquez Catat Kemenangan Beruntun 9 Kali

28
kali tampilan.

LOMBOKita – Marc Marquez makin kokoh di puncak klasemen setelah menjuarai Grand Prix Jerman untuk ke-9 kalinya secara beruntun, Minggu (15/7), sementara duo Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales berturut-turut finis di belakangnya.

Sirkuit Sachsenring yang penuh tikungan tajam, turunan, dan tanjakan seperti diciptakan untuk Marquez, yang juga telah merebut sembilan pole position di sana di berbagai kelas.

Marquez, yang dijuluki King of the Ring di sirkuit tersebut, harus menunggu hingga separuh balapan sebelum akhirnya mampu merebut pimpinan lomba dari pembalap Ducati Jorge Lorenzo.

“Balapan yang sulit. Saya kehilangan beberapa posisi waktu start dan kemudian harus menyalip para pembalap Ducati yang juga tidak mudah,” kata Marquez usai balapan.

“Kemudian saya berhasil menang. Setelah sembilan kemenangan di sini, saya hanya bisa mengatakan ‘I love you Sachsenring’.”

Dari sembilan kemenangannya itu, enam di antaranya di kelas MotoGP bersama tim Repsol Honda. Total Marquez telah mengoleksi 40 trofi grand prix MotoGP dan berpeluang besar meraih gelar juara dunia kelima di kelas paling bergengsi tersebut.

Marquez sekarang unggul 46 poin atas Rossi di posisi kedua klasemen sementara.

Pembalap Pramac Ducati Danilo Petrucci harus puas finis keempat setelah beberapa putaran menjelang finis dia disalip Vinales.

Posisi kelima ditempati pembalap Angel Nieto Team, Alvaro Bautista. Lorenzo yang berjudi dengan ban belakang soft makin kehilangan gripdi 10 putaran terakhir dan akhirnya harus puas finis keenam, disusul rekan setimnya Andrea Dovizioso.

Dani Pedrosa yang menjalani musim terakhir bersama Repsol Honda hanya menempati urutan delapan, tertinggal 12 detik dari rekannya.

Johann Zarco (Tech 3 Yamaha) tidak terlalu bersinar dalam balapan ini dengan hanya finis ke-9 di depan pembalap KTM Bradley Smith.