Dishubkominfo NTB Prediksi Pemudik Naik 10 Persen

  • Ditulis oleh Zulfahmi
  • Selasa30 Jul 2013
    jam 14 : 03
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca415 x

LOMBOKita - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi NTB memprediksi jumlah pemudik tahun 2013 ini meningkat 10 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 2.813 pemudik.

Kepala Dinas Hubkominfo Provinsi NTB, Ridwansyah menyebutkan guna mengantisipasi jumlah pemudik itu, maka pihaknya telah menyiapkan 111 angkutan bis antar provinsi (AKAP) dan 13 bis angkutan bis dalam provinsi (AKDP) dengan pemberlakuan trip normal.
 
Ridwansyah menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan penghitungan apakah angkutan mencukupi atau tidak dengan lonjakan pemudik baik dari jalur laut, darat dan udara.
 
"Pemerintah sudah melakukan pemantauan terkait angkutan mudik khususnya jalur darat." ujarnya, Selasa (30/07/2013).
 
Dikatakan Ridwansyah, jika dihitung jumlah shit atau tempat duduk dari sejumlah kendaraan yang disiapkan, saat ini jumlah shit yang sudah terisi baru 45 persen, hal itu bisa terjadi karena para pemudik tahun ini lebih dominan mudik dengan Kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.
 
“ Ini juga imbas dari kondisi jalan yang baik serta pelayanan di pelabuhan juga sudah baik itu yang membuat orang lebih memilih memakai kendaran pribadi.” terangnya.
 
Selain faktor tersebut, lanjut Ridwansyah, dari sisi keamanan serta kenyaamanan dan kecepatan juga menjadi pilihan masyarakat untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.


"Jadi kalau dihitung dari banyaknya kendaraan yang disiapkan kemungkianan itu banyak yang tidak akan terisi." jelas Ridwan. (zan)