Makam Selaparang Banyak Dikunjungi Warga

  • Ditulis oleh Nanang Marsuwandi
  • Rabu16 Oct 2013
    jam 20 : 00
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca678 x

LOMBOKita - Makam Selaparang Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur, salah satu cakar budaya yang dimiliki Lotim, memiliki historis panjang. Tak heran, banyak masyarakat dari berbagai belahan pulau Lombok mengunjungi makam tersebut.

Tokoh masyarakat setempat, Hery Martha Wijaya mengatakan, sudah menjadi tradisi masyarakat Lombok pada umumnya mengunjungi makam Selaparang sehari setelah Lebaran Idul Fithri maupun Hari Raya Idul Adha. "Makam Selaparang selalu dipenuhi oleh masyarakat untuk berziarah," ujarnya saat ditemui LOMBOKita.com di lokasi, Rabu (16/10/2013).

Hery mengaku, kunjungan masyarakat paska lebaran bisa mencapai tiga ratusan orang tiap hari, baik untuk berziarah makam, maupun untuk berekreasi islami.

Dijelaskannya, makam Selaparang dalam beberapa pekan terakhir ini, tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat. Kunjungan ke makam ini, tidak hanya masyarakat lokal, melainkan banyak masyarakat dari luar Lombok. "Tidak sedikit masyarakat luar Lombok berkunjung ke makam ini, apalagi usai lebaran," lanjutnya.

Hery menambahkan, makam peninggalan kerjaan tersebut memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat. Karena tidak hanya untuk ziarah, namun juga ada pemahaman yang didapatkan dari keberadaan makam bersejarah tersebut. "Ada tokoh masyarakat kita yang siap menjelaskan latar belakang makam tersebut," kata Hery. (ari/lbk)