Nilai Rata-rata Siswa Kota Mataram Menurun

  • Ditulis oleh zulfahmi
  • Minggu26 May 2013
    jam 6 : 29
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca895 x

LOMBOKita - Meskipun angka kelulusan mencapai 100 persen, tetapi nilai yang diproleh oleh para siswa siswi SMA/MA/SMK menurun. Nilai rata-rata hanya 8.21 di semua sekolah di Kota Mataram provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Tingkat kelulusan sudah menjadi tradisi, tetapi yang kami prioritaskan adalah pencapaian nilai tertinggi dan berapa banyak siswa yang masuk kampus favorit,” kata Kepala SMAN 1 Mataram, H. Lalu Fathawalil Uzail.

Turunnya nilai rata-rata tersebut, menurut Fathawil, karena faktor pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 yang sempat ditunda serta ujian pada hari pertama yang dilaksanakan pada waktu siang hari.

“Itu pengakuan siswa. Selain itu, karena faktor soal yang 20 paket  juga menjadi penyebab turunnya nilai rata-rata siswa pada UN tahun ini,” jelas Fathawil.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil yang diterima dari Dikpora Kota Mataram, di SMAN 1 Mataram lulus 100 persen dan mendapatkan peringkat tertinggi se Kota Mataram. Meski begitu, katanya, kelulusan 100 persen bukan tujuan utama, tetapi yang menjadi target adalah pencapaian nilai tertinggi dan seberapa banyak siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit.

Untuk kelulusan tahun ini, lanjut Fathawil, terdapat beberapa siswa yang mendapat nilai tinggi, yakni 2 orang siswa mendapat nilai 9,4 ada orang, 4 orang siswa mendapatkan nilai 9,3 dan sisanya berada di angka 9,2. Nilai-nilai tersebut untuk mata pelajaran Fisika, Biologi, dan Geografi.

Data yang disampaikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, sebanyak 66 siswa atau sebesar 0,51 persen siswa jenjang SMA/MA/SMK se-NTB tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2013. Dari jumlah tersebut, sebanyak 44 siswa SMA/MA dan 22 siswa SMK. (ari)