Pemprov NTB akan Gerakkan Masyarakat Menanam Bambu

  • Ditulis oleh Zulfahmi
  • Rabu20 Nov 2013
    jam 20 : 30
  • kategoriKabar Lombok
  • dibaca365 x

LOMBOKita - Diadakannya Festival Bambu Intenasional di Lombok menjadi inspirasi bagi Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Nur. 

Dalam pertemuannya dengan para arsitek Bambu, M. Nur mengatakan Pemerintah Provinsi berkewajiban menjaga dan mengembangkan budidaya Bambu. Untuk itu, pemerintah akan menggerakan masyarakat untuk menanam bambu.

Sekda menyebutkan, pohon bambu memiliki nilai ekonomi dan keindahan yang cukup tinggi, karenanya pemerintah provinsi dan kabupaten diharapkan mendengungkan gerakan menanam bambu kepada masyarakat.

“Untuk bisa mengembangkan bambu harus ada ilmu dan teknologi,” ungkap Sekda NTB di Mataram, Rabu (20/11/2013).

Dikatakannya, ketersediaan bambu di pulau Lombok memiliki ketersedian yang cukup banyak, karena di NTB pada umumnya dimana-mana pasti ada pohon bambu, namun yang jadi persoalan adakah masyarakat hanya mempunyai budaya memotong, tetapi tidak diimbangin dengan ilmu dan teknologi.

Dengan pelaksanaan festival ini diharapkan para arsitek bambu bisa berbagi ilmu dengan masyarakat, karena para arsitek inilah yang mempunyai tugas untuk mengkreasikan bambu dengan ilmu dan teknologi. “Kami dari pemerintah bersama rakyat akan mengembangkan ketersediaan bambu melalui budidaya bambu,” tegasnya. (ari/lbk)