Kampung Ecowisata Kerujuk bikin Kangen!

Kembali

1. Kampung Wisata Kerujuk

Letaknya di wilayah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Obyek wisata ini terbilang masih baru, namun cukup menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya wisatawan mancanegara, tetapi juga masyarakat di pulau Lombok.

Iyaaa… dari namanya saja cukup aneh yakni Kerujuk. Dalam bahasa Sasak, bahasa asli di pulau Lombok, Kerujuk merupakan sebutan bagi sebangsa kerang laut. Kalian penasaran kan juga dengan Kampung Kerujuk yang kini menjadi ecowisata di Lombok Utara ini?

Nah, untuk menjangkau daerah ecowisata Desa Kerujuk ini cukup mudah, dan tidak terlalu menguras tenaga. Bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Bagi yang berada di Lombok Utara bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki maupun naik sepeda. Karena jalan sudah hotmix.

Saya gambarkan saja perjalanan dari Kota Mataram, waktu jarak tempuh sekitar satu jam lebih. Lebihnya paling hanya 15 atau 20 menit. Kecuali kalau ketemu macet di jalan, mungkin bisa lebih. Tetapi tenang saja, Lombok pada umumnya bukan daerah macet alias lalulintas jalan tetap lancar dan normal.

Ecowisata yang ada di kampung Kerujuk ini merupakan hasil kreatifitas bersama seluruh warga yang ingin menjaga keasrian kampung yang berada di pintu hutan Pusuk Lombok Utara. Kampung ini berada di lembah yang diapit oleh dua bukit dengan sungai yang membelah kampung. Mungkin itu makanya disebut kampung Kerujuk, sebab kerang yang namanya kerujuk itu punya senjata andalan, yaitu menjepit musuh yang mengganggunya. Jangan coba-coba pegang kerujuk kalau tidak ingin jari anda terputus dengan jepitan kerujuk.

Komentar Anda