Karnaval Pesona Lombok Sumbawa Sedot Perhatian Warga

222
kali tampilan.

LOMBOKita – Ribuan warga kota Mataram dan sekitarnya tumpah ruah di sepanjang jalan Pejanggik menyaksikan karnaval budaya dalam rangka pembukaan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 yang digelar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat sore.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengatakan karnaval itu merupakan rangkaian dari Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) 2017 sesuai kalender pariwisata NTB yang dimulai pada 18 Agustus sampai 16 September.

“Kegiatan ini diikuti 10 kabupaten/kota di NTB dan didukung siswa siswi SMA dan SMK,” kata Lalu Paozal.

Karnaval budaya diikuti 1.500 peserta dengan 12 kendaraan hias yang mencerminkan kekayaan dan potensi yang ada di NTB.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir, menegaskan Kemenpar mengapresiasi Gubernur dan Wagub yang aktif dan sangat yakin mempromosikan NTB sebagai destinasi wisata tingkat internasional.

“Bukti sudah banyak kegiatan yang dilakukan di NTB,” ujarnya.

Menurut Tazbir, secara nasional pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi di Asean, bahkan di dunia Indonesia masuk 20 negara pertumbuhan wisman tertinggi dengan 24 persen.

“Di dalamnya saya yakin kontribusi NTB tidak bisa dipungkiri. Karena Pak Gubernur dan pemprov NTB sudah banyak sekali berbuat, tidak hanya ‘event’ tapi juga meningkatkan kunjungan dengan akses penerbangan termasuk Korea. Mudah-mudahan nantinya bisa reguler,” terangnya.

Ia menambahkan NTB kini sudah terbuka aksesnya dan jika dulu NTB disebut bergantung pada Bali, namun sekarang tidak demikian.

“Bisa dibilang NTB sekarang tidak perlu Bali. Tidak ada transit. Mudah-mudahan bisa perbanyak ‘direct flight’. Ini sudah sangat luar biasa,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Menteri Pariwisata sudah menegaskan kemajuan pariwisata daerah itu harus ada komitmen dari gubernur, wali kota dan bupati.

“Tanpa itu, akan sulit,” tandas Tazbir.

Turut hadir dalam karnaval budaya sebagai rangkaian acara pembukaan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 itu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana, Sekda NTB H Rosiady Sayuti dan ribuan warga kota Mataram juga menyaksikan acara tersebut. ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.