Kemenpar: Lombok Tengah Ibarat Ketiban Durian Runtuh

158
kali tampilan.

LOMBOKita – Deputi Kelembagaan dan Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Prof. Dr. Arman Siya mengibaratkan, dibangunnya kampus Politeknik Pariwisata Negeri Lombok di Lombok Tengah membuat daerah ini ibarat ketiban durian runtuh.

Hal itu, menurut Arman Siya, melihat beberapa program stretegis yang didanai pemerintah pusat berada di Lombok Tengah. “Bandara Internasional Lombok, KEK Mandalika Resort, Kampus IPDN dan kini Kampus Poltekpar Negeri Lombok. Semuanya dibangun di Lombok Tengah,” sebut Deputi Arman Siya saat menghadiri istigosah akbar dan groundbreaking Kampus Poltekpar Negeri Lombok di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (10/10/2017).

Arman menjelaskan, proses ditetapkannya Kampus Poltekpar ini dibangun di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sebab, proyek triliunan rupiah ini juga menjadi incaran beberapa provinsi lain di Indonesia.

“Berkat perjuangan pemerintah provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Tengah, izin itu keluar sejak tahun 2015 dan langsung menerima mahasiswa baru dan untuk sementara perkuliahan dilakukan di kantor milik provinsi NTB di Mataram,” kata Arman.

Dan pada tahun ini, lanjut Arman, kampus Poltekpar Negeri Lombok mulai dibangun ruang perkuliahan dan secara bertahap melakukan pembangunan gedung laboratorium pada tahun depan dengan konsep yang cukup megah.

Poltekpar Lombok Cetak Tenaga Terampil Pariwisata

Groundbreaking Poltekpar Lombok Diawali Istigosah Akbar

Menurut Arman, penyiapan sumberdaya manusia yang memadai khususnya di bidang kepariwisataan di kampus Poltekpar Lombok ini mutlak dilakukan, karena pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang PAD terbesar melalui devisa kunjungan wisatawan asing ke daerah ini.

Arman menyebutkan contoh, pada tahun 2015 devisa sektor pariwisata mampu mengalahkan devisa sektor migas dengan menempati peringkat ke empat.dan pada tahun 2018 mendatang, devisa sektor pariwisata akan ditargetkan menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia.

“Di kampus inilah kita mendidik dan mencetak SDM yang memadai bidang pariwisata. Karena kampus ini akan menjadi paling lengkap, dilengkapi fasilitas ruang belajar dan laboratorium yang memadai,” sebut Arman.

Karena itu, Arman yang kagum atas proses pembangunan kampus dengan istigosah dan doa bersama itu mengharapkan sinergitas dan dukungan seluruh elemen masyarakat di daerah ini untuk mendukung pembangunan kampus Poltekpar Negeri Lombok.

Warga Puyung Dukung Pembangunan Poltekpar Lombok

Komisi II Dukung Pembangunan Poltekpar Lombok