Kepemimpinan Efektif

Oleh: Prijanto Rabbani - Trainer and People Development Specialist, Founder Rabbani Optima Consulting

50
kali tampilan.

LOMBOKita – Dahulu kepemimpinan dikenal ke arah yang linear, di mana hubungan antara manajemen dan karyawan lebih seperti “Bos” dan “Bawahan”.

Saat ini, kepemimpinan model tersebut sudah tidak tepat. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi, dan inovasi digital yang bergerak semakin cepat secara eksponensial. Bahkan peranan digitalisasi menjadi penyebab utama hilangnya lebih dari setengah perusahaan yang pernah masuk dalam Fortune 500 sejak tahun 2000.

Seorang pemimpin dituntut untuk memberikan hasil pekerjaan yang baik namun hasil pekerjaan tersebut sangat tergantung dari pencapaian tim dibawahnya. Hasil pekerjaan yang baik bisa didapat melalui budaya, dan proses kerja yang tepat di dalam sebuah tim.

Peran seorang pemimpin saat ini semakin kompleks dan dinamis. Leader yang baik adalah mereka yang mampu menjalankan fungsi kepemimpinan seperti:

Loading...

#Pertama : Tujuan, Penetapan tujuan menjadi hal yang penting saat Anda diangkat menjadi pemimpin.

Tujuan yang Anda buat harus SMART (Specific, Measurable, Agreed, Realistic & Time limit) sehingga dapat dipahami oleh seluruh anggota tim.

#Kedua : Pengaruh, Anda tidak akan mencapai tujuan tersebut secara individu, melainkan harus melibatkan tim.

Menurut John Maxwell “Leadership is influence, everything rises and falls on leadership”, keberhasilan kepemimpinan anda sangat tergantung dari seberapa besar Anda mampu mempengaruhi tim untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

#Ketiga : Semangat, Anda harus bisa menggerakkan energi karyawan ke arah yang positif ketika mereka mengkomunikasikan ide, artinya, Anda harus sadar akan maksud dan kemungkinan yang akan ditimbulkan dari ide mereka.

Ketika Anda berinteraksi dengan orang lain terutama pada saat perubahan besar baik tantangan maupun tekanan organisasi, sikap Anda akan sangat diamati oleh karyawan Anda. Berkomunikasilah dengan penuh pertimbangan dan warnai kerja sehari-hari dengan inspirasi dan energi positif.

#Keempat : Pemberdayaan, artinya adalah pengembangan kemampuan anggota tim untuk mampu melakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien. Dimana anggota tim bisa merasakan “nilai tambah” dari pekerjaan yang mereka lakukan.

Leader yang sukses adalah mereka yang bisa mengendalikan diri dan bekerja untuk menginspirasi orang lain.

Pemberdayaan akan memberikan kesempatan bagi anggota tim untuk bertumbuh berdasarkan motivasi dan kerja keras mereka.

Menurut Wareen G Bennis “Leaders should always expect the very best of those around them. They know that people can change and grow”.

Jika pemimpin mampu memberdayakan timnya menjadi sehebat dirinya atau bahkan melebihi, maka dia akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi yang lain.

Sudahkah Anda menjalankan kepemimpinan efektif tersebut?

Prijanto Rabbani
Trainer and People Development Specialist
Founder Rabbani Optima Consulting

#Leadership
#Management
#PeopleDevelopment
#AmazingPeople
#RabbaniOptimaConsulting

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.