Keren, Universitas Muhammadiyah Jalin Kerjasama Dengan Beberapa Universitas di Inggris

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Jebul Suroso, menandatangani nota kerjasama dengan Coventry University, Inggris dan De Monfort University, Leicester, Inggris pada Senin (11/9)

LOMBOKita – Sebanyak 43 peserta dari 27 universitas milik organisasi Muhammadiyah melakukan kunjungan pendidikan ke universitas di Inggris, yakni Coventry University dan Du Monfort University, sebagai bagian dari kerja sama pendidikan keduanya.

“Ini merupakan bagian dari kegiatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Leader Visit yang didahului oleh kesepakatan kerja sama dengan kedua universitas di Inggris tersebut,” kata Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Prof Dr Gunawan Suryoputro dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Uhamka, ujar dia, menindaklanjuti dan memanfaatkan nota kesepahaman dengan kedua universitas Inggris itu dalam bentuk pemagangan dan “student mobility”, program yang memberi peluang bagi mahasiswanya untuk melakukan perbandingan, di bidang kesehatan, bisnis, teknik informasi, dan manajemen.

Kerja sama dengan Uhamka, menurut Prof Mike Hardy dari Coventry University, sangat penting dan strategis, karena masa depan dunia akan ditentukan oleh negara-negara Asia, termasuk di antaranya Indonesia.

Sedangkan gerakan pendidikan Muhammadiyah sudah dikenal lama memberikan kontribusi besar bagi Indonesia, mulai dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi, tercatat Muhammadiyah sedikitnya memiliki total 177 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dikoordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bersama Kantor Urusan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadyah.

Kesepakatan kerja sama antara Uhamka dengan kedua universitas ditandatangani Gunawan Suryoputro dengan wakil Universitas Coventry, David Pilsbury, sedangkan dengan Universitas Du Monfort ditandatangani bersama dengan David Boyes pada 12 September.

Coventry University memiliki keunggulan di bidang kedokteran. Sedangkan De Montfort University memiliki program “Global Internship” bagi mahasiswa internasional untuk magang di berbagai bidang, yakni bidang kesehatan, ilmu sosial, bisnis dan hukum, seni, desain dan teknologi.

Komentar Anda