KPK Puji Integritas Partai Demokrat

LOMBOKita – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Basaria Panjaitan memuji perubahan yang dilakukan Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Basaria telah mendengar informasi Partai Demokrat telah melakukan pembenahan demi mewujudkan partai politik berintegritas.

“Partai Demokrat yang paling maju tentang masalah integritas. Bahkan sudah ada departemen yang khusus berhubungan dengan KPK dan sudah dilakukan berulang kali, tujuh kali bahkan melakukan pendidikan,” kata Basaria di hadapan SBY di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Basaria berterimakasih kepada SBY yang telah memimpin partainya dalam melakukan pembenahan internal. Terlebih, ada sejumlah kader Demokrat yang menjadi tersangka oleh KPK. Basaria berharap Partai Demokrat dapat menjadi contoh bagi partai lainnya.

“Kita harapkan nanti Partai Demokrat ini menjadi yang paling terdepan, karena Demokrat ini sebenarnya sudah melakukan langkah-langkah lebih duluan, mudah-mudahan menjadi contoh model untuk partai-partai yang lainnya,” kata Basaria.

Basaria mengatakan untuk memwujudkan partai politik yang berintegritas, diskusi pertama ini dapat menjadi langkah awal. Artinya, Basaria mengharapkan langkah selanjutnya tetap ada dan berkelanjutan.

“Tapi sudah barang tentu bapak dan ibu sekalian yang saya hormati, pak ketua umum saya informasikan ini adalah titik awal pertemuan kita antara KPK dan Partai Demokrat. Yang kita harapkan adalah suatu kelanjutan dari hasil kajian-kajian yang dibuat oleh KPK ini,” kata Basaria.

Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Partai Demokrat menurut Basaria adalah agar SBY dan jajarannya mengimplementasikan kode etik yang nanti akan dibentuk. Dia juga meminta agar dibentuk mahkamah etik dalam internal partai.

“Dalam pelaksanaan implementasinya, bagaimana nanti akan didampingi bersama-sama dengan tim kita dari KPK atau bahkan mungkin karena ini sudah jauh lebih maju, bisa juga kita ambil masukan-masukan dari teman-teman dari Demokrat, supaya bisa kita terapkan juga kepada partai-partai yang lainnya,” kata Basaria.

Komentar Anda