KPU NTB Terima Hasil Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah

80
kali tampilan.
Ketua KPU NTB Aksar Ansori

LOMBOKita – Tim pemeriksa kesehatan bakal calon kepala daerah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan, bebas narkoba dan psikologi kepada Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Penyerahan hasil pemeriksaan bakal calon kepala daerah baik gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota di NTB ini diserahkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia NTB dr I Komang Gerudug kepada Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori diikuti dengan perwakilan KPU Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Kota Bima.

Ketua IDI NTB dr I Komang Gerudug menegaskan bahwa hasil tim pemeriksa kesehatan ini bersifat murni tanpa ada campur tangan dari pihak manapun mulai dari waktu pemeriksaan hingga rapat pengumpulan hasil.

“Apapun hasilnya itu bersifat final, tidak ada intervensi. Kami bekerja sesuai petunjuk teknis dan standar operasional prosedur yang berlaku dan ditetapkan secara profesional, sesuai kompetensi dan etik,” katanya.

Loading...

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori menyatakan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah ini sangat penting karena menjadi satu satunya item persyaratan pencalonan yang tidak bisa direvisi ulang.

Bahkan, karena pentingnya, jika tidak lolos maka pasangan calon tidak bisa ke tahap berikutnya atau dinyatakan gagal. Sama halnya jika pasangan calon meninggal dunia.

“Jika meninggal maka tidak bisa mengikuti pilkada. Begitu juga dengan pemeriksaan kesehatan ini, jika gagal maka tidak bisa ikut pilkada,” tegas Aksar.

Karena itu, hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim pemeriksa kesehatan yang terdiri dari IDI, Himpsi (Himpunan Psikologi Indonesia), BNN, dan RSUP NTB yang dilaksanakan 8-15 Januari 2018, adalah keputusan final dan mengikat.

“Jadi tidak boleh ada pembanding atau memeriksa di tempat lain dan memeriksa susulan,” ucapnya.

KPU sendiri, lanjut Aksar, baru akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan calon gubernur dan pasangan calon bupati/wali kota, Rabu (17/1).

“Undangan kepada para tim penghubung pasangan calon untuk hadir besok pagi sekaligus menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan sudah kita kirimkan,” tandasnya.

Karena itu, melalui pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah baik gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di NTB ini, diperoleh kepala daerah yang berintegritas tinggi, khususnya dari kesehatan jasmani dan rohani.

“Calon kepala daerah yang berintegritas tinggi dari sisi kesehatan kita akan peroleh,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.