Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima

71
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)tak perlu khawatir, masa liburan lebaran 2019, ulai H-7 sampai H+7 lebaran atauJKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitasi kesehatan yang ditunjukBPJS Kesehatan. Bahkan ketika peserta mudik ke luar kota, hal ini bentuk komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, ketika membutuhkan pelayanan kesehatan diluar kota, dapat mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaptardi FKTP,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong, Made Sukmayanti.

Menurut Made, layanan tersebut, dapat di peroleh  pesrta FKTP yang  bekerjasama dengan BPJS kesehatan, kalaupun layanan diluar jam KTPF, peserta dapat meminta langsung medis dasar ke IGD rumah sakit terdekat.

“Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS, selama peserta JKN – KIS mengikuti prosudur,maka di jamin dan dilayani, tanpa pungutan biaya,” ucapnya,

Made juga mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut, berlaku bagi peserta JKN-KIS yang kepesertaannya aktif, sehingga para peserta diimbau untuk aktif melakukan pembayaran iuran khusus peserta yang mudik dan selalu membawa JKN-KIS.

Loading...

“untuk mengecek kepesertaannya  dan tagihan dapat atau pembayaran iuran JKN-KIS dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN,” jelasnya, bila perlu mendounload aflikasi BPJS, dalam aplikasi BPJS Kesehatan ini, banyak aplikasi yang bisa dilihat,seperti halnya melihat lokasi pelayanan yang ada di wilayah tujuan.

Lebih lanjut, Made juga mengatakan, BPJS kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS, di kabupaten kota yang ada di Pulau Jawa. Sementara beberapa kantor yang ada di luar pulau jawa,layanan khusus  bagi peserta JKN-KIS disediakan mulai tanggal 3,4 dan 7 Juni 2019, mulai pukul 08.00 – 12.00 waktu setempat.

“Saat ini BPJS juga mengembangkan fitur aplikasi saluran informasi dan penanganan pengaduan (SIPP) di rumah sakit,terutama untuk pendaftaran bayu baru lahir,peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), dan penghitungan denda layanan. Sehingga peserta tidak lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan care canter 1500 400 yang beroperasi 24 jam. “selain di kantor cabang, selama masa libur lebaran,BPJS juga membuka layanan khusus di rumah sakit,melalui petugas informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) ,” sebutnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.