Lima Daerah di NTB Dilanda Kekeringan

Ilustrasi kekeringan

LOMBOKita – Lima kabupaten di Nusa Tenggara Barat dilanda kekeringan parah yang berpengaruh pada minimnya pasokan air bersih bagi warga yang bermukim di daerah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) NTB H Muhammad Rum di Mataram, Selasa, mengatakan pihaknya akan menaikkan status siaga darurat bencana terkait dengan kekeringan itu.

“Saat ini usulan status siaga darurat bencana kekeringan sudah dikirim ke gubernur,” ujarnya.

Menurut dia, pengajuan status itu merujuk pada status siaga darurat bencana kekeringan yang sudah ditetapkan masing-masing kepala daerah, yakni Bupati Bima, Bupati Lombok Tengah, Bupati Lombok Barat, Bupati Sumbawa Barat, dan Bupati Sumbawa.

Ia mengatakan saat ini yang bisa dilakukan BPBD NTB bersama BPBD kabupaten adalah mengirimlkan bantuan air bersih dan perbantuan mobil tangki ke daerah yang parah.

“BPBD sedang melakukan verifikasi terhadap usulan kabupaten/kota terkait pembangunan sumur bor dalam dan pipanisasi dari sumber mata air yang ada,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengkaji kemungkinan pemanfaatan air baku dari bendungan dan embung-embung yang sudah ada.

“Ini penting agar ketika kekeringan datang, warga sudah siap mengatasi kekeringan,” kata dia.

Komentar Anda