Lomba “Gendang Beleq” Warnai TMMD di Lombok Tengah

Pembukaan kegiatan Lomba Gendang Beleq oleh Inspektur Jendral Angkatan Darat Mayjen TNI Johny Lumban Tobing didampingi Danrem 162/WB Kolonel Ini Farid Makmum, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf. Is Abul Rasyi

LOMBOKita – Lomba “Gendang Beleq” ikut mewarnai kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 yang dilaksanakan Kodim 1620 / Lombok Tengah tahun ini. Lomba Gendang Beleq mulai digelar Selasa, 25/7/2017) di Lapangan desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Hadir dalam pembukaan lomba Gendang Beleq ini, Inspektur Jendral Angkatan Darat Mayjen TNI Johny Lumban Tobing, Danrem 162/WB Kolonel Ini Farid Makmum, Dandim 1620/Loteng, Danramil jajaran Kodim 1620/Loteng, Sekretaris Daerah, jajaran SKPD, Kapolsek Jonggat serta seluruh Kepala Desa beserta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kecamatan Jonggat.

Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Infantri Is Abul Rasyi, SE menjelaskan, kegiatan lomba Gendang Beleq dihajatkan sebagai salah satu upaya kepedulian terhadap pelestarian budaya daerah dan dijadikan sebagai sarana berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

“Kami memasukkan lomba Gendang Beleq ini sebagai kegiatan non pisik untuk ikut menjaga dan melestarikan budaya adat Sasak,” ujar Dandim Is Abul Rasyi.

Berita terkait:

TMMD ke-99 di Lombok Tengah Mulai Digelar

Kodim Loteng Sosialisasi Bahaya PKI Kepada Warga Jonggat

Sebelum membuka kegiatan lomba Gendang Beleq, Irjenad didampingi Danrem, Sekda, Dandim dan Kepala Desa melakukan peninjauan obyek sasaran TMMD yang tahun ini dipusatkan di wilayah Kecamatan Jonggat. Pengerjaan TMMD sampai saat ini hampir rampung, beberapa pengerjaan ada yang sudah selesai 100 persen, dan ada yang dalam tahap finishing.

“Sasaran TMMD tahun ini diantaranya, pembuatan MCK, pembukaan jalan baru, pembuatan jembatan masyarakat, pembuatan tembok keliling kuburan dan pembangunan Poskamling,” sebut Dandim Lombok Tengah.

Dandim menyebutkan, kegiatan TMMD ke-99 ini akan berakhir pada tanggal 2 Agustus 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, HM Nursiah dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim Irjenad sekaligus terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Kodim Lombok Tengah yang telah membangu melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat melalui kegiatan TMMD ini.

“Kita patut contoh kegiatan yang dilakukan para TNI ini yang selalu bekerja untuk daerah dan masyarakat, khususnya beberapa pengerjaan sasaran dalam kegiatan TMMD tahun ini,” kata Sekda Nursiah.

Sekda berharap, masyarakat setempat terus memberikan bantuan dan peran aktif dalam menyukseskan kegiatan dalam TMMD serta memelihara dan menjaga segala sarana dan fasilitas yang dibangun untuk kemaslahatan masyarakat ini.

“Mari kita jaga, kita rawat dan gunakan sebaik-baiknya apa yang telah ddibangun oleh jajaran Kodim Lombok Tengah ini,” ucap Sekda.

Komentar Anda