Lombok Tengah Galakkan Safari Gemar Membaca

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus menggalakkan gemar membaca sebagai salah satu upaya dalam pemberantasan buta aksara di daerah ini.

Tidak hanya kalangan pelajar, sosialisasi gemar membaca ini juga dihajatkan untuk masyarakat luas baik diperkotaan hingga ke pelosok-pelosok desa.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi gemar membaca ini kepada masyarakat. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan, membaca juga untuk meningkatkan wawasan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rinjani saat sosialisasi gemar membaca di Desa Jango Kecamatan Janapria, Kamis (7/9/2017).

Setelah melakukan sosialisasi gemar membaca melalui interaktif dan mendongeng beberapa waktu lalu di ruang baca perpustakaan dan arsip daerah, Lalu Rinjani menegaskan akan terus melakukan roadshow (safari) ke seluruh kecamatan yang ada di Lombok Tengah.

“Gerakan ini penting dilakukan untuk menggugah minat baca masyarakat. Selain bisa membaca langsung buku-buku yang disediakan “mobil pintar”, minat masyarakat juga akan digugah melalui dongeng gemar membaca yang melibatkan Komunitas Negeri Dongeng Lombok Tengah dibawah asuhan Kak Wawan,” jelas Lalu Rinjani.

Kegiatan Safari Gemar Membaca yang digelar di Desa Jango ini, menurut Lalu Rinjani, dihadiri Asisten I Sekda Lombok Tengah H. Lalu Moh. Amin, Camat Janapria, Kepala Desa, UPT, tokoh agama, tokoh masyarakat yang difasilitasi juga oleh Dinas P3AP2KB serta Komunitas Forum Anak Desa Jango.

Kegiatan Sosialisasi Gemar Membaca ini juga diikuti oleh ratusan peserta dari pelajar dari beberapa sekolah yang ada di sekitar lokasi acara.

Sosialisasi gemar membaca dengan cara mendongeng itu, lanjut mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah ini, akan terus dilakukan sesuai arahan dari Sekretaris Daerah HM Nursiah beberapa waktu lalu.

Sebab, melalui mendongeng, masyarakat tidak hanya disuguhkan cerita lucu tetapi juga memberikan arahan bagaimana pentingnya rajin membaca bagi masyarakat.


Lombok Tengah Sosialisasi Gemar Baca dengan Mendongeng

Komentar Anda