Lombok Tengah Rayakan Kemenangan dengan Takbiran dan Lampion

92
kali tampilan.
Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah HM. Nursiah

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar lomba takbiran dan pawai lampion pada malam lebaran yang diperkirakan jatuh pada Kamis (14/6/2018) malam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah HM. Nursiah menjelaskan, lomba takbiran yang disertai pawai lampion ini merupakan kegiatan tahunan bagi daerah Tatas Tuhu Trasna (Tastura) yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Kegiatan semacam ini setiap tahun kita laksanakan sebagai salah satu cara kita merayakan kemenangan setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa,” ucap Sekda HM Nursiah dihubungi Lombokita.com, Kamis.

lomba takbiran dan pawai lampion tahun ini mengangkat tema “Merayakan Kemenangan dengan Mengumandangkan Kalimat-kalimat takbir dan tahmid’

Sekda menyebutkan, rute yang akan ditempuh oleh para peserta lomba takbiran dan pawai lampion ini mulai dari simpang empat Masjid Agung Praya belok kanan menuju Kampung Tengari, kemudian belok kanan di simpang empat Toyang menuju Mapolres Lombok Tengah, sepanjang pertokoan Kota Praya lurus ke barat hingga simpang empat kampus IPDN, dan kembali lagi ke masjid Agung Praya.

“Para peserta terdiri dari seluruh SKPD, sekolah/madrasah, kecamatan, BUMD dan beberapa pihak terkait yang ingin menyemarakkan malam takbiran,” kata Sekda.

Kategori penilaian dalam lomba pawai lampion ini, lanjut Sekda, yakni jumlah peserta minimal 30 orang per kelompok, kekompakan dan kerapian para personil, termasuk keseragaman dalam berbusana.

Sementara untuk penilaian pada lomba takbiran, kata Sekda HM Nursiah, kepasihan bacaan kalimat takbir, tajwid, kualitas suara, dan keserasian suara antara alat musik dengan lantunan takbir.

Sementara untuk penilaian lampion, jelas Sekda, yakni keindahan arsitektur lampion, penataan lampu dan ornamen lampion.

“Untuk keamanan jalur diserahkan ke Satlantas Polres Lombok Tengah untuk melakukan pengaturan dan pengamanan,” tutup Sekda HM Nursiah.