Lombok Timur Antisipasi Karhutla Musim Kemarau

43
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Musim kemarau melanda daerah Kabupaten Lombok Timur Lotim saat ini, pemerintah daerah setempat siaga antisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Iwan Setiawan mengatakan, ratusan relawan yang saat ini terkonsentrasi di kantor BPBD dan di kecamatan-kecamatan siap digerakkan mengantisipasi terjadinyab karhutla.

“Tidak ada yang menginginkan Karhutla terjadi, tetapi langkah antisipasi harus diambil sejak dini,” ucapnya.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

Pihak BPBD, kata Iwan, bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di setiap desa, sehingga pemadaman api maksimal dilakukan,” ucapnya.

Tidak hanya mengerahkan relawan, sebut Iwan, semua armada pemadam kebakaran (PMK), juga siap dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Loading...

Menurut Iwan, bagi sebagian penduduk tepi hutan, membakar lahan untuk membuka lahan pertanian tentu lebih efisien ketimbang menggunakan mesin atau mengeluarkan biaya yang cukup mahal dengan mempekerjakan warga.

Satu hal yang menjadi atensi yakni mengupayakan agar ekonomi warga tepi hutan diperhatikan. “Kalau ekonomi mereka bagus, tentu saja mereka tidak akan merusak hutan,” katanya.

Salah satu ikhtiar yang sedang dilaksanakan dalam menekan terjadi pembukaan lahan oleh masyarakat, pemkab memprioritaskan penduduk tepi hutan untuk memperoleh kemudahan mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupa ternak sapi.

Untuk memudahkan masyarakat memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupa ternak oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)

“KUR sapi itu telah berjalan, sambil terus melakukan pendataan,” kata Iwan yang juga Sekretaris HKTI NTB ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.