Lombok Utara Jalin Kerjasama dengan IKIM Malaysia

119
kali tampilan.

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerjasama dengan Institute Kemahiran Industry Melaka (IKIM) Malaysia. Kerjasama ini dilakukan dalam upaya peningkatan kapasitas SDM masyarakat Lombok Utara untuk memberikan kemudahan masuk kuliah di IKIM.

Selain itu juga Malacca Industrial Collage (MISC) yang ada di negeri jiran siap menampung para mahasiswa yang tuntas melakukan studi di IKIM.

Chief Executive Officer IKIM Datuk B Reghu menyampaikan saat ini ada 1.100 perusahaan yang mengelilingi IKIM dan sebanyak 21 perusahaan sudah bekerjasama. Format belajar mahasiswa berkisar 70 persen praktek langsung pada industri dan 30 persen belajar teori di ruang kelas.

Adapun lulusan IKIM dapat dipastikan 100 persen langsung mendapatkan pekerjaan. Lantaran telah disiapkan serapan kerja pada industri-industri jaringan kerjasama. Selain itu pula, ijazah kependidikan yang diraih mendapat pengakuan dari seluruh negara ASEAN dan sudah bekerjasama dengan 70 negara lainnya, sehingga mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dari IKIM, bisa memperoleh pekerjaan di 70 negara tersebut.

Hadir dalam pertemuan kerjsama pertama itu, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Prof Dr Suyitno MAg, Plt Kadis Dikpora Kabupaten Lombok Utara Dr Fauzan MPd, Kepala Bappeda KLU Heryanto SP.

Pihak Malaysia mengundang Pemda KLU, lantaran memahami bahwa Lombok Utara menjadi “pemasok” Tenaga Kerja Indoensia (TKI) yang cukup banyak ke Malaysia. Kedepannya diharapkan Pemda KLU bisa mengirimkan mahasiswanya sambil bekerja pada industri-industri yang ada di Malaysia.

Terpisah, Plt Kadis Dikpora Kabupaten Lombok Utara Dr Fauzan MPd, menyampaikan bahwa kerjsama yang dilakukan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat Lombok Utara untuk kuliah di IKIM sambil bekerja dimana Lombok Utara diberikan peluang secara khusus untuk bisa masuk di kampus ternama di tempat itu.

“Proses perkuliahan di IKIM berlangsung selama 6 semester atau setara dengan Diploma III,” jelasnya.

“Rektor IKIM dan CEO perusahaan akan diundang ke Lombok Utara untuk melihat secara langsung potensi pengembangan industri dan meyakinkan dan menawarkan masyarakat terkait peluang bagi putra-putri Lombok Utara mengikuti kuliah sambil bekerja di Malaysia tersebut,” inbuhnya.

Sementara, Direktur GTK Kemenag RI Prof Suyitno menyampaikan dengan kerjasama ini menjadi megnet untuk memberikan peluang bagi tenaga guru terbaik di Madrasah agar bisa belajar di IKIM kedepan. Namun ia belum membeberkan Seperti apa ketentuan dan petunjuk tekhnis bagi guru yang berminat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.