Lombok Utara Rencana Bangun Kampung Siaga Bencana

34
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar forum group discussion (FGD) untuk membedah rencana pembentukan kampung siaga bencana (KSB) di sejumlah wilayah rawan bencana.

Pembentukan KSB dinilai penting karena Lombok Utara kerap kali ditimpa bencana. Tidak longsor, banjir dan bencana gempa bumi yang baru-baru terjadi dirasa perlu untuk diantisifasi.

Focus Group Discussion (FGD) diinisiasi oleh Dinas Sosial bersama OPD terkait untuk membahas kesiapan KSB khususnya di Kecamatan Kayangan yang digelar di ruang Kepala Dinas Sosial PP PA, Kamis (12/09/2019).

Kepala Dinas Sosial PP PA KLU Drs. H. Faisol menyampaikan program KSB pada dasarnya adalah merupakan kegiatan untuk kesiapsiagaan berkaitan dengan mitigasi bencana terutama pada daerah yang memang memiliki potensi rawan bencana sehingga resiko munculnya korban jiwa bisa lebih ditekan.

“Jadi itu pentingnya memperkuat Kafasitas di tengah masyarakat, salah satu cara menurut kami dengan membangun KSB,” ujarnya.

Disampaikannya, direncanakan akan menentukan empat titik Kampung Siaga Bencana yang tersebar di tiap kecamatan yaitu Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, dan Bayan yang akan dilaksanakan pada APBD 2020.

Terkait dengan pembentukan Kampung Siaga Bencana tersebut, Dinas Sosial rencananya akan memberikan pelatihan terhadap 60 peserta dari unsur masyarakat dengan tujuan untuk membentuk masyarakat yang berdaya dan lebih siap sebagai subjek maupun objek pembangunan, karena masyarakat akan ditempatkan sebagai pihak pertama dan utama dalam penanggulangan bencana sebelum datangnya batuan lain.

Ia berharap agar penanganan terhadap bencana bisa lebih baik lagi kedepan, tiap OPD bisa mengambil peran langsung apabila terjadi bencana sewaktu-waktu sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan SOP yang rencananya akan dibuat dalam sekala lebih besar yang akan disusun secara bersama-sama dengan mengikuti acuan yang ada dari BPBD sebagai leading sektor utama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.