Di skuat U-23, Marinus Wanewar menjadi penyerang yang paling sering tampil di tim nasional. Dia diikutkan ke SEA Games 2017 dan Kualifikasi Piala Asia U-23.

Akan tetapi, catatan Marinus kurang begitu bagus karena hanya mencetak dua gol dari semua penampilannya, belum lagi ditambah sikapnya yang emosional.

Dia “sebelas-dua belas” dengan penyerang naturalisasi yang kini bermain di klub Almere City di divisi kedua Liga Belanda Ezra Walian. Selama bermain di bawah kepelatihan Milla, termasuk tampil di SEA Games 2017 di mana dia lebih banyak menjadi cadangan Marinus, pemain kelahiran Belanda 21 tahun lalu tersebut tercatat hanya membuat satu gol.

Sebenarnya ada nama penyerang 22 tahun Ahmad Nur Hardianto yang sudah mengoleksi satu gol untuk timnas U-23. Akan tetapi, selepas dibekap cedera dia tidak pernah lagi dipanggil ke skuat.

Hal ini agak meresahkan karena di Asian Games 2018, para penyerang muda itu seharusnya bisa menjadi andalan karena cabang olahraga sepak bola wajib menurunkan pemain U-23, dengan pilihan bisa mengikutsertakan tiga pemain senior.

Agaknya, opsi pemain senior berusia di atas 23 tahun ini yang dipilih Luis Milla untuk mengisi kehampaan di sektor “target man” dan Ilija Spasojevic yang tampaknya paling mungkin menjadi solusi.

Pria yang akrab disapa Spaso itu merupakan pemain dengan segudang pengalaman dan telah bermain di liga beberapa negara di Eropa dan Asia. Pernah pula membela timnas Serbia-Montenegro dan Montenegro di kelompok umur U-17 hingga U-19.

Bagaimana dengan pemain senior lainnya Lerby Eliandry yang sudah mencetak satu gol untuk timnas? Walau sama-sama bertinggi badan di atas 180 centimeter dan menjadi penyerang utama di klub masing-masing di Liga 1, keunggulan pengalaman Spaso membuatnya lebih berpotensi mengisi skuat timnas Indonesia sebagai salah satu pemain senior di Asian Games 2018 daripada Lerby.

Penting Usai bertanding melawan timnas Guyana di akhir November 2017, Luis Milla sempat memuji penampilan Ilija Spasojevic yang menorehkan dua gol di partai persahabatan FIFA tersebut.

“Spaso adalah pemain penting,” ujar Milla dalam komentar singkatnya mengenai penampilan penyerang berusia 30 tahun itu.

Pertanyaannya sekarang, seberapa penting Spaso untuk timnas Indonesia yang ditargetkan masuk ke semifinal Asian Games 2018 oleh pemerintah? Mari kita urai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.