Makanan Sehat Untuk Pikiran Sehat

105
kali tampilan.
Loading...

Pola makan yang sehat akan memengaruhi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ternyata makanan yang tepat pun bisa memengaruhi fungsi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa membantu orang yang menderita depresi atau masalah mental lainnya. Berikut adalah beberapa contoh pola makan yang bisa memperbaiki suasana hati.

Karbohidrat seimbang
Terlalu membatasi asupan karbohidrat ternyata berpengaruh buruk pada suasana hati. Kekurangan karbohidrat dapat menjadikan orang lebih mudah marah. Ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon dopamin (hormon bahagia). Otak memerlukan asupan karbohidrat yang sesuai agar dapat menghasilkan hormon ini. Terlalu banyak karbohidrat juga tidak baik, karena dapat memicu meningkatnya produksi insulin yang dapat menyebabkan kepala pusing dan tubuh lemah. Sehingga konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang pas akan membantu kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

Makan malam secukupnya
Umumnya orang memiliki kebiasaan makan sedikit saat sarapan dan makan siang, lalu makan dalam porsi besar saat makan malam. Ternyata pola makan ini merupakan pola makan yang kurang baik. Sebab makan terlalu banyak sesaat sebelum tidur justru dapat mengganggu tidur nyenyak Anda. Tidur yang kurang nyaman pada malam hari tentu akan memengaruhi suasana hati Anda pada keesokan hari. Sehingga, batasi konsumsi makan malam Anda untuk menjaga suasana hati.

Perbanyak konsumsi ikan
Berbagai penelitian membuktikan bahwa kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kemampuan otak. Sumber omega 3 terbaik terdapat dalam ikan salmon dan udang.

Konsumsi daging bebas lemak
Dengan mengonsumsi sedikit daging setiap hari dapat mencegah diri Anda pada rasa lelah dan mudah marah. Tubuh yang lemah dan emosi yang berapi-api adalah pertanda Anda kekurangan zat besi. Tingkatkan konsumsi zat besi dengan mengonsumsi sumber zat besi, salah satunya daging.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.