MAN 1 Loteng Bekali Siswa Keterampilan Dunia Usaha

51
kali tampilan.

LOMBOKita – Berbagai upaya dilakukan Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

MAN 1 Lombok Tengah fokus pada keterampilan. Dalam program ini, siswa di madrasah ini dibekali dengan skill atau keterampilan yang mumpuni. Sama halnya seperti SMK pada sekolah reguler, madrasah juga memprogramkan ilmu keterampilan.

Kepala MAN 1 Lombok Tengah, H Kemas Burhan menuturkan, program Keterampilan bertujuan untuk menyiapkan siswa yang memiliki keahlian dan keterampilan. Keahlian dan keterampilan diberikan dengan harapan mampu menjadi modal siswa untuk jenjang selanjutnya.

“Kami ingin setelah lulus dari madrasah, siswa tidak hanya mendapatkan ilmu akademik dan agama, tapi juga keterampilan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap keterampilan yang diajarkan bisa dikembangkan. Sehingga jika tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, paling tidak lulusan MAN 1 Lombok Tengah sudah bisa memiliki modal keterampilan. Karena banyak diantara lulusan yang kemudian tidak bisa melanjutkan pendidikannya lebih tinggi.

“Nanti dengan modal skill yang dimiliki, lulusan bisa berwirausaha atau langsung bekerja,” tuturnya.

Adapun program keterampilan yang disediakan memang dibutuhkan dunia kerja. Seperti keterampilan tata busana, keahlian menjahit, teknik elektro, pengelelasan, perbengkelan dan program keahlian lainnya.

Konsep yang diterapkan seperti kursus pelatihan keterampilan kepada siswa. Dalam menjalankan program ini ada guru dan pembina khusus yang disediakan.
“Ada yang memang sudah disiapkan untuk melatih siswa,” ungkapnya.

Disamping itu, program ini lebih kepada pengembangan skill siswa. Untuk setiap keterampilan sudah dilengkapi dengan fasilitas beserta pelatihnya.

Diharapkan program ini bisa terus berjalan dan memberikan keahlian guna menyiapkan lulusan yang berdaya saing. “Fasilitas juga sudah ada, jadi sangat menunjang,” pungkasnya. dar