Manfaat Kesehatan Dari Singkong

Bagi sebagian masyarakat Indonesia belum sarapan namanya jika tidak makan nasi, benar begitu? Sebenarnya masih banyak karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti menu sarapan kita setiap pagi, seperti roti, kentang, dan singkong. Dulu, banyak sekali yang memandang sebelah mata singkong karna pengolahan serta rasanya kurang menarik. Namun, saat ini sudah banyak ragamnya dari pengolahan singkong.

Ternyata singkong ini mempunyai kandungan yang beragam dan menguntungkan bagi tubuh antara lain, vitamin, mineral, dan serat. Tetapi singkong hanya baik dikonsumsi setelah dimasak untuk mengindari paparan racun. Sobat Nida, inilah kandungan dari singkong yang perlu kalian ketahui lebih dalam serta manfaatnya.

1. Sumber energi

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak dan kolesterol, tapi tinggi kalori. Kandungan kalori pada singkong hampir dua kali lipat dibandingkan kentang. Dengan begitu, tidak heran orang-orang dulu banyak yang mengonsumsi singkong sebagai pengganti nasi.

2. Sumber serat

Seperti yang Sobat Nida ketahui, mengonsumsi makanan berserat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, dan membantu memperlancar pencernaan. Kandungan serat tinggi dan rendah lemak, hal ini menunjukkan kalau singkong aman dikonsumsi tanpa harus khawatir obesitas.

3. Sumber vitamin K

Vitamin memegang penanan dalam membangun massa tulang dengan cara memicu aktifitas osteothropic dalam tulang. Selain itu vitamin K juga dapat membantu membatasi kerusakan saraf di otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita Alzheimer.

4. Sumber vitamin B Kompleks

Singkong juga mengandung citamin V kompleks dan bberapa kelompok vitamin seperti riboflavin folates, thiamine, pridoksin, (vit B6), dan asam patotenat. Riboflavin sendiri bermanfaat dalam proses pertumbuhan serta membantu proses produksi sel darah merah guna menghindari anemia. Selain vitamin tersebut, singkong juga mengandung vitamin B17 atau disebut amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker, meskipun hal ini masih diteliti lebih lanjut kebenarannya.

5. Sumber mineral

Beberapa mineral penting bagi tubuh, itu terdapat pada singkong. Seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Singkong juga memiliki kandungan kalium dalam kadar yang cukup, sekitar 271 mg per 100 gram singkong. Kalium merupakan bagian penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Begitulah beberapa kandungan dalam singkong yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan begitu kalian tidak ragu lagi kan untuk mengonsumsi singkong sebagai asupan karbohidrat pengganti nasi?

Hani Dwi Putri

Komentar Anda