Manfaat Tomat untuk Mengurangi Jerawat pada Wajah

280
kali tampilan.

LOMBOKita – Pada saat ini banyak kaum wanita yang menggunakan produk-produk kecantikan yang belum tentu aman bagi kesehatan. Banyak produk-produk kecantikan / cream obat anti jerawa yang sangat membahayakan dan mempunyai efek berbahaya bagi kulit, bahkan bisa memicu kanker.

Seiring perkembangan ilmu kedokteran, khususnya dokter kecantikan, masyarakat mulai berbondong-bondong untuk melakukan perawatan wajah terutama untuk menghilangkan jerawatan pada wajah, akan tetapi perawatan tersebut banyak dampak negatifnya. Salah satunya seperti bahan cream yang digunakan tidak dari bahan organik yang menyebabkan kulit wajah memerah, dan ketergantungan terhadap cream tersebut.

Dan tidak semua perawatan tersebut berhasil pada kalangan konsumen. Jerawat memang menjadi masalah yang sangat umum. Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Namun menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas adalah keinginan semua orang. Jerawat biasanya akan muncul dengan cepat bahkan ketika langkah pengobatan masih dilakukan.

Salah satu langkah pengobatan jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Langkah ini sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Oleh karena itu masyarakat sebaiknya melakukan perawatan sendiri dan membuat bahan perawatan yang secara alami karena tomat dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat..

Salah satu langkah pengobatan jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Langkah ini sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat kini juga sering dipakai banyak orang dengan alasan murah dan alami. Tomat dipilih karena memiliki kandungan likopen, antioksidan yang baik untuk kulit.

Senyawa likopen merupakan sejenis antioksidan yang bagus untuk menopang pertahanan kulit.Tomat memang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. zat ini bermanfaat untuk mencegah radika l bebas dari makanan atau udara kotor yang menempel pada kulit. Tomat akan membantu memelihara kesehatan kulit, mencegah menumpuknya sel-sel kulit yang sudah mati dan membantu menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan bekas.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati jerawat dengan tomat Dengan Menggunakan Irisan potongan tomat

1. Jika Anda memiliki jerawat kecil-kecil yang biasanya banyak muncul pada dahi dan sekitar area T maka anda bisa memakai tomat. Cara memakainya adalah dengan memotong tomat berukuran sedang atau kecil menjadi dua atau tiga bagian. Tempelkan potongan tomat ke bagian wajah dan tekan hingga gel tomat keluar dan mengenai kulit. Biarkan selama beberapa menit hingga gel mengering dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut.

2. Masker dari kulit tomat.
Jika Anda memiliki jerawat yang banyak dan rata, maka Anda bisa memakai cara ini. Beberapa orang memang sudah membuktikan dan hasilnya sangat menakjubkan .

Langkah pemakaian masker tomat seperti dibawah ini:
1. Cuci bersih satu buah tomat yang sudah matang segar.
2. Kupas bagian ujung tomat yang berhubungan dengan tangkai.
3. Rendam tomat dalam air hangat selama sekitar 5 menit.
4. Kupas kulit tomat yang tipis dan tempelkan pada seluruh bagian wajah.
5. Biarkan selama beberapa menit hingga kulit tomat kering dan lepas dari kulit wajah.
6. Manfaatkan bagian gel tomat menjadi masker tomat. Hancukan semua bahan dan terapkan pada wajah.
7. Biarkan semua bagian masker kering. Anda bisa melakukan proses ini
selama lebih dari 30 menit.
8. Setelah kering dan bersih maka lap wajah dengan handuk hangat dan
terapkan dengan pelembab yang sesuai dengan tipe wajah Anda.

Pembuatan masker dari tomat diharapkan dapat mengurangi jerawat pada wajah. Pembuatan masker tomat dapat dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti pembuatan masker tomat dengan campuran air jeruk lemon. Pemanfaatan tomat dapat mengurangi ketergantungan cream perawatan wajah pada masyarakat agar memanfaatkan bahan alami dan agar mengurangi efek samping pada wajah.

Utamakan untuk memilih cara-cara alami dan tradisional sebelum memilih produk kosmetik pabrikan. Tetap lakukan konsultasi dengan konsultan kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Penulis : Adelia Indriani
Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang