Mataram Night Ride Digelar 11 November

Sepeda Wisata 2016/Foto: LombokInsider

LOMBOKita – Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar kegiatan sepeda wisata pada malam hari yang dikemas dalam “Mataram Night Ride” tanggal 11 November 2017 mulai pukul 19.00 WITA.

“Peserta yang mendaftar untuk kegiatan ‘Mataram Night Ride’, sampai hari ini sudah mencapai lebih dari 1.000 orang,” kata Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Mataram H Abdul Hamid di Mataram, Selasa.

Dikatakan, kegiatan sepeda wisata pada malam hari di Kota Mataram merupakan salah satu kalender pariwisata 2017, dan diharapkan sebagai ajang promosi pariwisata daerah ini.

“Kegiatan sepeda wisata ini akan mengambil ‘start-finish’ di Lapangan Sangkareang, dan direncanakan akan dilepas Wali Kota Mataram,” katanya.

Ia mengatakan, jalur yang ditempuh dalam kegiatan sepeda wisata tersebut diperpendek dan mengmabil jalan tengah kota. Tidak lagi mengambil jalan pinggir kota seperti tahun-tahun sebelumnya.

Rutenya dari Taman Sangkareang ke bundaran Karang Jangkong lalu belok kanan menuju Jalan Bung Hatta, Jalan Bung Karno, Sriwijaya, Majapahit, Yos Sudarso, Jalan Pabean (kota tua Ampenan), lalu ke Jalan Langko, dan Penjanggik menuju Sangkareang.

Dikatakan, pengambilan jalur tengah dengan pertimbangan dari hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya kegiatan “Mataram night ride” banyak risiko keamanan, terutama pada jalan-jalan yang masih kurang penerang jalan umum (PJU), jalan tanjakan dan lainnya.

Pada jalan-jalan tersebut, setiap kegiatan “Mataram Night Ride” ada saja yang tabrakan antarpeserta lainnya karena sepeda mereka tidak menggunakan lampu dan perlengkapan standar.

“Untuk kegiatan ‘Mataram night ride’ kami memang mengharuskan peserta memasang lampu pada sepeda yang digunakan, meski terkadang ada saja yang tidak sehingga mengganggu kenyamanan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan sepeda wisata malam merupakan salah satu upaya promosi pariwisata dengan melihat dari dekat keindahan Kota Mataram di malam hari.

Kegiatan sepeda wisata, katanya, boleh diikuti siapa saja, baik warga kota maupun luar kota bahkan wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berada di Mataram juga bisa ikut.

Saat ini kegiatan sepeda wisata dalam proses pendaftaran secara gratis dengan hanya menunjukkan identitas diri dan panitia langsung memberikan baju kaos serta nomor undian.

“Kami menyiapkan puluhan hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Target kami peserta akan mencapai sekitar 3.000 orang,” katanya.

Komentar Anda