Membangun Pariwisata Berbasis Masyarakat “Bumi Undru”

Oleh Masnun Masud (ANTARA)

337
kali tampilan.
Loading...

Terkait dengan pengembangan sektor pariwisata itu Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mengakui banyak faktor penghambat lambannya perkembangan pariwisata di daerah itu. Karena itu seluruh pihak diharapkan partisipasi dan kesadarannya membantu pemerintah daerah membangun pariwisata KSB.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin mengatakan perkembangan pariwisata di daerahnya tidak bisa disamakan dengan pesatnya pariwisata Bali yang sangat didukung oleh budayanya.

Sementara di Sumbawa Barat, pariwisata dianggap bertentangan dengan agama dan budaya masyarakat.

Objek wisata Kertasari, Lalar, atau Jelenga, misalnya cukup bagus, tetapi masyarakat menilai bertentangan dengan agama dan budaya, misal wisatawan ingin agar ada hiburan malam, seperti kafe, tapi pemuka agama tidak ingin ada kafe atau tempat hiburan malam.

Karenanya, menurut Fud Syaifuddin, perlu ada pemikiran atau upaya bersama untuk membangun pariwisata di Sumbawa Barat. Artinya perlu dukungan dari masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Untuk itu ia berharap dari diskusi kelompok terarah atau focus group diskution (FGD) ada masukan yang baik agar pimpinan daerah dapat memformulasikan aturan yang tepat dalam mendukung pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dia menilai kesadaran selurtuh lapisan masyarakat harus dibangun, demikian juga investor di bidang pariwisata harus diberikan berbagai kemudahan.

Dalam kaitan itu Fud Syaifuddin meminta para camat yang memiliki objek pariwisata juga agar mengembangkan wilayahnya masing-masing dan harus menjalin kerja bersama membangun pariwisata.

Pokdarwis Pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat agaknya tak hanya melibatkan pemerintah daerah dan pelaku pariwisata, tetapi mengikutsertakan masyarakat, setidaknya ini dibuktikan dengan telah terbentuknya sejumlah kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Salah satu pokdarwis yang telah terbentuk adalah Pokdarwis Alam Asri di objek wisata bahari Pantai Jelenga, Kecamatan Jereweh. Keberadaan kelompok masyarakat tersebut dinilai cukup berperan dalam pengembangan objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan itu.

Karena itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupoaten Sumbawa Barat IGB Sumbawanto menyampaikan komitmen pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan terhadap Pokdarwis “Alam Asri” dan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk pengembangan pariwisata pantai Jelenga.

Ia meminta pokdarwis menyusun usulan rencana secepatnya, agar dapat dibahas dalam rangka penyusunan rencana kegiatan yang didanai APBD tahun 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.