Membangun Pariwisata Berbasis Masyarakat “Bumi Undru”

Oleh Masnun Masud (ANTARA)

337
kali tampilan.
Loading...

Menurut Sumbawanto, salah satu faktor penentu keberhasilan pengembangan pariwisata terletak pada sikap masyarakat dalam menerapkan sapta pesona wisata seperti mewujudkan rasa aman, nyaman, dan keramahan terhadap tamu yang berkunjung.

Pengembangan kuliner, kerajinan, atraksi kesenian, masalah tanah dan tata ruang juga akan menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam upaya mengengembangkan industri pelancongan di “Bumi Undru”.

Sementara itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat Supiarno mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan kerapian dan kebersihan sebagai faktor pendukung daya tarik wisata, karena para wisatawan paling tidak suka dengan lingkungan yang penuh sampah berserakan terutama jenis sampah plastik.

Karena itu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat akan membantu pengembangan pariwisata dengan menyediakan tempat sampah di kawasan pantai dan membantu menangani sampah-sampah yang bersumber dari pemukiman.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan Agusman berjanji akan melakukan pembinaan terhadap Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Batu Layar untuk dapat berbuat lebih berfungsi dalam mengamankan wilayah laut dari pengrusakan.

Ia berjanji akan melakukan upaya konservasi terhadap hutan mangrove dan terumbu karang yang telah mengalami kerusakan.

Menurut Agusman, untuk kepentingan pariwisata, masyarakat diizinkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan karang atau kulit kerang yang telah mati untuk bahan kerajinan.

Menanggapi dukungan dan komitmen para pemangku kepentingan itu, Muhammad Sahril, Kepala Desa Beru mengungkapkan rasa optimisnya untuk pengembangan potensi pariwisata Jelenga.

Ia mengatakan pemerintah Desa Beru sangat mendukung inisiatif dari pokdarwis dan pokmaswas ini. Diharapkan semangat ini dapat terus dipelihara, tidak patah semangat dan senantiasa menjalin komunikasi dengan pemerintah desa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.