Mengapa Musim Tanam Ini Petani Tak Minat Tanam Kedelai?

Kedelai
Tanaman Kedelai (ilustrasi)

LOMBOKita – Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram Mutawalli menyebutkan minat petani menanam kedelai pada musim tanam saat ini rendah karena tingginya biaya produksi.

“Rendahnya minat petani menanam kedelai itu terlihat dari target tanam kedelai sebanyak 450 hektare, sementara petani yang menanam kedelai saat ini sekitar 100 hektare dan maksimal 200 hektare,” katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Menurutnya, rendahnya minat petani menanam kedelai karena biaya produksi lebih tinggi dibandingkan harga jual kedelai yang saat ini berkisar Rp6.000 hingga Rp7.000 per kilogram.

“Itulah yang menjadi faktor utama alasan petani enggan tanam kedelai setelah panen padi,” ujarnya.

Dengan tingginya biaya produksi tanam kedelai, sekarang petani lebih memilih menanam padi lagi dibandingkan menanam kedelai, meskipun musim kemarau.

Padahal, katanya, jika tanah ditanami padi secara terus menerus hasilnya kurang maksimal dan padi bisa terserang hama penyakit yang berdampak pada penurunan produksi padi.

“Dalam hal ini, kami bersama penyuluh hanya bisa memberikan saran kepada petani, tapi tidak bisa melarang apalagi memberikan sanksi kepada petani yang tidak menanam palawija sebab itu merupakan hak mereka,” katanya.

Dia menyebutkan produksi kedelai Kota Mataram tertinggi di Indonesia dengan produksi mencapai 1,5 hingga dua ton per hektar dengan luas tanam sekitra 450 hektar.

Tingginya produksi kedelai petani di kota ini karena menggunakan teknologi pertanaman pada kedelai meliputi bibit unggul, pemupukan, dan pengairan.

Mutawalli mengatakan hasil panen kedelai Mataram umumnya sudah dipesan pabrik di Pulau Jawa dengan harga menjanjikan. Pabrik umumnya menggunakan kedelai unutk bahan susu atau kecap.

“Sayangnya kualitas kedelai tak sesuai untuk bahan tahu dan tempe, sebab kedelai impor lebih cocok untuk bahan produksi tahu dan tempe meskipun, kualitas kedelai Mataram juga unggul secara nasional,” ujarnya.

Komentar Anda