Mengenal Grup Sabyan Gambus Yang Fenomenal

638
kali tampilan.
Sabyan Gambus

LOMBOKita – Grup musik Sabyan Gambus berhasil mencuri perhatian pencinta musik Indonesia dengan lagu-lagu bersyair shalawat. Grup yang dibentuk pada 2015 itu terdiri dari enam orang.

Mereka adalah Khoirunnisa alias Nissa (vokalis), Ahmad Fairuz alis Ayus (keyboard), Sofwan Yusuf atau Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus Syaifulloh alias Tebe (biola), dan Anisa Rahman (backing vokal). Kompas.com merangkum setidakmya tujuh fakta unik dari grup musik yang disebut musik gambus kekinian itu.

Berawal dari Hajatan

Pemain perkusi Sofwan Yusuf atau Wawan mengatakan awalnya Sabyan Gambus adalah grup musik yang kerap mengisi acara-acara pesta pernikahan. Grup yang dikomandoi Ayus itu dibentuk pada 2015. Nama Sabyan diambil dari nama anak pemain keyboard mereka, Ayus. “Nama spesial dari leader kami, Ayus. Karena Sabyan itu nama anaknya (Ayus),” ujar Wawan.

Jumlah penonton video yang fantastis

Dalam akun channel YouTube mereka, @Official Sabyan Gambus, lagu-lagu hasil cover mereka mendulang jutaan views. Bahkan, mereka sudah memiliki 1,8 juta subscribers. Padahal mereka baru mengunggah delapan video musik. Contohnya adalah lagu “Ya Habibal Qolbi” yang diunggah pada 25 Desember 2017 itu sudah ditonton lebih dari 125 juta kali. Kemudian ada “Rohman Ya Rohman” sebanyak 53 juta view dan “Ya Asyiqol” sebanyak 49 juta view.

Pesona Nissa

Sabyan Sosok Nissa sebagai vokalis Sabyan menjadi daya pikat grup musik ini. Perempuan berparas cantik ini memiliki suara yang merdu dengan melantunkan syair-syair shalawatnya. Nissa merupakan lulusan dari SMK 56 Jakarta jurusan Ototronik atau otomotif dan elektronik. Nissa mengaku ingin mencoba hal yang berbeda dengan belajar jurusan otomotif.

Kini Nissa sukses meniti karier sebagai seorang penyanyi religi. Bersama Sabyan Gambus, nama Nissa melambung dan menjadi idola kaum milenial saat ini. Nissa mengatakan, menjadi penyanyi bukanlah sekadar cita-cita. “Itu sih bukan cita-cita lagi, tapi keinginan diri sendiri,” ujar wanita berkerudung tersebut.