Minat Baca Masyarakat Lombok Tengah Cukup Tinggi

LOMBOKita – Minat baca masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terbilang masih cukup tinggi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rinjani di kantornya, Rabu (23/8/2017).

Menurut Lalu Rinjani, tingginya minat baca masyarakat ini ditandai dengan makin meningkatnya jumlah pengunjung ke perpustakaan.

Kunjungan masyarakat ke ruang baca perpustakaan setiap hari, kata Lalu Rinjani, tidak hanya dari kalangan dewasa dan orang tua, tetapi juga dari kalangan anak-anak seusia Sekolah Dasar.

“Kalau sore hari atau sepulang anak-anak sekolah, pasti ramai di ruang baca. Karena memang buku untuk kalangan anak-anak juga cukup tersedia,” ucap Lalu Rinjani didampingi Sekretaris Dinas H. Lalu Muh. Irwan Syaikhu.

Mobil pintar jadi rebutan saat berkeliling ke desa-desa

Meski demikian kata mantan Sekretaris Dinas Budpar Lombok Tengah ini, pihaknya terus berusaha memotivasi minat baca masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan kunjungan membawa kendaraan pintar hingga ke kecamatan dan pelosok desa, meski secara bergiliran.

“Ada jadwal kelilingnya. Bahkan mobil pintar ini selalu standby di Alun-alun Tastura, dan cukup diminati masyarakat,” kata Lalu Rinjani.

Hingga saat ini, lanjut Lalu Rinjani, jumlah buku yang tersedia di Perpustakaan Daerah Lombok Tengah sebanyak 27.318 dengan judul sebanyak 19.000.

Sementara untuk data kunjungan setiap hari, menurut Lalu Rinjani, sejak Januari – Juni 2017 sebanyak 1700-an orang lebih.

Komentar Anda