MotoGP Inggris: Dovizioso Ungguli Rossi

British MotoGP Winner
British MotoGP Winner/Foto: MotoGP Official

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjuarai MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (27/8/2017). Dovizioso tampil memukau setelah melahap 20 lap dengan catatan waktu 40 menit 45,496 detik.

Posisi kedua ditempati pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, dengan catatan waktu lebih lambat 0,114 detik dari Dovi. Adapun Valentino Rossi terpaksa menghuni posisi ketiga meski sempat memimpin hingga menjelang akhir-akhir balapan.

Rossi sebenarnya tak tersentuh pada awal balapan dan memimpin meninggalkan para pebalap lain. Persaingan justru terlihat seru untuk memperebutkan posisi kedua dan ketiga.

Marc Marquez yang sempat berada di posisi kedua disalip Maverick Vinales pada lap kedua. Pebalap Repsol Honda itu bahkan melorot ke urutan keempat setelah disalip Dovizioso pada lap kelima.

Marquez harus menunggu hingga lap ke-10 untuk kembali menyalip Dovizioso dan meraih posisi ketiga. Marquez kemudian juga sukses menyalip Vinales.

Dovizioso yang berada di posisi keempat menyalip Vinales pada lap ke-11. Petaka kemudian terjadi pada lap ke-13, Marquez yang berada di posisi ketiga mengalami masalah pada motornya.

Mesin motornya mengeluarkan asap sehingga Marquez harus menepi dan gagal menyelesaikan balapan. Posisi Marquez direbut oleh Vinales.

Dua pebalap terdepan kini menyisakan Rossi dan Dovizioso. Dovizioso menyalip Rossi pada lap ke-17. Begitu juga Vinales yang kemudian menyalip Rossi pada lap ke-18.

Hingga balapan usai, Dovizioso berhasil mempertahankan posisinya. Begitu juga dengan Vinales yang finis di posisi kedua, sedangkan Rossi yang sejak awal balapan memimpin terdepan harus puas meraih podium ketiga.

Kemenangan di MotoGP Inggris membuat Andrea Dovizioso berhasil mengudeta posisi puncak klasemen dari Marc Marquez. Dovi mengoleksi 183 poin, atau unggul sembilan poin atas Marquez.

Komentar Anda