Pebalap Britania Cal Crutchlow

LOMBOKita – Pebalap Britania Cal Crutchlow tampil gemilang untuk mengungguli para pebalap lokal favorit di MotoGP dan mengamankan posisi start terdepan untuk Grand Prix Spanyol pada Sabtu.

Pebalap tim non pabrikan LCR Honda itu, yang berganti sepeda motor pada sesi tersebut, mengukir catatan waktu satu menit 37,653 detik pada sore yang cerah di Sirkuit Jerez, di selatan Spanyol.

Pebalap Honda Dani Pedrosa, pemenang tahun lalu dari pole position di Jerez, merupakan pebalap Spanyol dengan posisi start tertinggi di posisi kedua, lebih lambat 0,259 detik, sedangkan pebalap Tech3 Yamaha asal Prancis Johann Zarco melengkapi baris terdepan.

Juara bertahan Marc Marquez lolos kualifikasi di posisi kelima untuk Honda, di belakang kompatriotnya Jorge Lorenzo, sedangkan rekan setimnya di Ducati sekaligus pemuncak klasemen Andrea Dovizioso, yang tertinggal satu poin dari Marquez, berada di posisi kedelapan.

“Menyenangkan untuk mendapatkan posisi start terdepan, sungguh,” kata Crutchlow. “Namun kami berada di sini untuk balapan dan poin kuncinya adalah besok.” “Saya memiliki hasil buruk pada kualifikasi di Texas dan Argentina, maka ini merupakan balapan penebusan bagi saya dan mendapatkan baris terdepan untuk tim saya dan Honda di Jerez,” tuturnya, sambil menambahi bahwa kondisi-kondisi yang ada bukan merupakan yang terbaik untuk sepeda motornya.