Mulai 2020, Seluruh Wilayah Lotim Terjangkau Sinyal Internet

118
kali tampilan.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Masfu / foto: Dimyati
Loading...

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Komonikasi Informasi dan Persandian pada tahun 2020 akan mengalokasikan dana Rp 4,5 miliar untuk pembangunan tower.

Kepala Dinas Kominfo Lombok Timur (Lotim) Ahmad Masfu menegaskan, ke depan daerah Patuh Karya itu tidak ada lagi lokasi yang tidak terjangkau sinyal (blank spot).

Menurutnya,  anggaran yang disediakan itu akan mampu membangun 28 titik tower, untuk mengatasi beberapa wilayah yang selama ini tidak terjangkau sambungan telekomunikasi, terutama di wilayah utara dan selatan.

Sejak tahun 2018, kata Masfu, Kabupaten Lombok Timur menerima manfaat dari tower yang dibangun Bhakti Kemenkominfo di daerah Obel-obel meski dan belum berjalan efektif.

Terkait pembangunan tower ini, Pemkab hanya siapkan lahan dan adminitrasi perizinan tempat pembangunan tower Obel-obel.

Loading...

“Rencananya tower ini akan disewakan ke provider. Satu tower bisa dimanfaatkan  provider yang ada,  jumlah provider di Lotim terdapat sebanyak 13 unit,” jelas Masfu.

Selain akan membangun tower baru, Masfu mengatakan, akan memaksimalkan keberadaan tower milik Pemkab yang berada di Desa Jenggik, yakni daerah perbatasan Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Untuk tahun 2019, menurut Masfu, PAD Lotim dari sewa 289 unit tower di target Rp 1,7 miliar. Sekarang dengan jumlah tower yang bertambah menjadi 354 ditarget Rp 2,13 miliar.

Tiap tower sewanya Rp 6.642 juta pertahun. Ditambah lagi akhir Desember 2019 menjadi 364, maka bisa lebih Rp 2,1 miliar.

Masfu berharap, keberadaan tower-tower itu akan membuat seluruh wilayah di daerah itu bisa terjangkau sambungan internet (online).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.