NTB Jaring Atlet Pelajar

LOMBOKita – Dinas Pemuda dan Olahraga Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Pengurus Cabang Olahraga Taekwondo Indonesia menggelar Kejuaraan Antarpelajar-Piala Gubernur 2017, untuk menjaring atlet potensial.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muhammad Amin, di Mataram, Jumat, membuka kejuaraan yang pesertanya pelajar sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas tersebut.

Ketua Pengurus Cabang Olahraga Taekwondo Indonesia Wilayah NTB Lalu Wirahman, menjelaskan Piala Gubernur NTB 2017 bertujuan menjaring atlet potensi dari kalangan pelajar.

“Ini merupakan event yang pertama kali digelar. Kami berharap melalui kejuaraan tersebut muncul atlet potensial yang bisa dikembangkan menjadi atlet andalan NTB,” katanya.

Sebanyak 260 atlet taekwondo dari kalangan pelajar tersebut, tidak hanya berasal dari 10 kabupaten/kota di NTB, namun ada juga dari Kabupaten Klungkung, dan Bangli, Provinsi Bali.

Kejuaraan taekwondo piala Gubernur NTB 2017 tersebut mempertandingkan dua cabang, yakni pertarungan dan peragaan jurus, untuk atlet putra dan putri.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, mengapresiasi kerja sama antara Dinas Pemuda dan Olahraga NTB dengan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Taekwondo Indonesia Wilayah NTB untuk menggelar kejuaraan piala gubernur.

Menurut dia, berbagai kejuaraan yang digelar bisa menjadi wadah pembinaan bagi generasi muda untuk terhindar dari kegiatan yang tidak bermanfaat dengan mengisi waktu berolahraga sambil meraih prestasi.

“Kejuaraan tersebut diikuti para pelajar sehingga menjadi bagian dari kegiatan positif yang bisa mencegah dari pengaruh negatif, seperti penggunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya, minuram keras dan perilaku lain yang tidak edukatif,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB Hj Husnanidiaty Nurdin, menambahkan kejuaraan taekwondo merupakan salah satu dari 15 cabang olahraga yang difasilitasi untuk mengadakan penjaringan atlet dari kalangan pelajar.

“Kami yang memfasilitasi kejuaraannya, termasuk menyiapkan hadiah, piagam dan piala. Yang penting pengurus cabang olahraga mau semangat melakukan penjaringan generasi atlet andalan,” katanya. ant

Komentar Anda